Senin 11 Apr 2022 15:58 WIB

Apa Itu Pengelola Kata Sandi dan Bagaimana Cara Pakainya?

Kebiasaan kata sandi yang buruk dapat berbahaya bagi keamanan digital Anda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Password (ilustrasi)
Foto: WISE GEEK
Password (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kata sandi memerlukan syarat yang dibuat dari huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Namun, syarat tersebut tidak bisa dianggap remeh, misal menggunakan kata sandi seperti “password123.”

Menggunakan satu kode yang mudah diingat dan diterapkan pada semua akun Anda dapat membahayakan keamanan akun. Pengelola kata sandi adalah alat yang dapat membantu Anda tetap aman saat online dengan menyederhanakan langkah-langkah untuk menggunakan kata sandi yang kuat.

Baca Juga

Menurut studi dari Security.org, empat dari lima orang dewasa Amerika Serikat (AS) tidak menggunakan pengelola kata sandi. Padahal alat tersebut dinilai saat penting untuk tetap terlindungi dari penjahat siber.

Apa itu pengelola kata sandi?

Dilansir CNet, Senin (11/4/2022), pengelola kata sandi adalah layanan online yang menyimpan kata sandi Anda serta data lain seperti nomor kartu kredit, informasi rekening bank, dan dokumen identifikasi di lingkungan yang diamankan melalui enkripsi tingkat militer. Kebiasaan kata sandi yang buruk dapat berbahaya bagi keamanan digital Anda.

Menggunakan kata sandi yang lemah berpeluang membuat akun Anda mudah diretas dan menggunakan kembali kata sandi membuat Anda terbuka terhadap serangan isian kredensial yang dapat membahayakan akun yang memiliki kata sandi yang sama. Namun, dengan pengelola kata sandi, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama. Alat ini memungkinkan Anda membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun online Anda.

Jika Anda tidak yakin cara membuat kata sandi yang kuat atau tidak ingin membuatnya sendiri, pengelola kata sandi Anda dapat membuatnya untuk Anda. Banyak pengelola kata sandi juga menyertakan fitur yang menganalisis kata sandi Anda saat ini dan memberi tahu Anda mana yang lemah atau perlu diubah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement