Ahad 07 Nov 2021 04:45 WIB

Tiga Langkah Menjaga Keamanan Data Pribadi di Internet

Lakukan langkah perlindungan terhadap data pribadi di internet.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Password alias kata kunci sebaiknya tak memuat kombinasi yang dapat ditebak dengan mudah.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Password alias kata kunci sebaiknya tak memuat kombinasi yang dapat ditebak dengan mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga keamanan data pribadi di internet penting untuk dilakukan. Sebab, langkah itu akan meminimalisasi kerugian yang akan dihadapi pengguna.

Product Marketing Manager Google Indonesia, Amanda Chan, merekomendasikan tiga langkah perlindungan terbaik untuk keamanan sandi dan akun pengguna internet. Pertama, buat sandi yang lebih aman.

Baca Juga

Amanda mengatakan, cara untuk membuat sandi yang lebih aman adalah dengan melibatkan huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol seperti simbol dolar. Itu akan membuat kata sandi menjadi lebih kuat.

Kedua, lakukan pemeriksaan keamanan di myaccount.google.com. Selain kata sandi, pemeriksaan keamanan Google juga bisa memberi tahu pengguna tentang aplikasi apa saja yang memiliki akses ke data pengguna dan menginformasikan jika ada login akun yang mencurigakan.

"Google juga memiliki fitur Password Manager atau pengatur kata sandi yang bisa bantu pengguna untuk mengingatkan semua password yang telah kita buat, yang terkait dengan akun Google-nya," tutur Amanda dalam diskusi bersama Google, dikutip Sabtu (6/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement