Senin 04 Apr 2022 13:28 WIB

Astronom Temukan Hasil Mengejutkan Saat Teliti Asal Muasal Asteroid Ryugu

Misi Hayabusa2 diluncurkan pada 2014, tiba di Ryugu pada 2018.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Sampel yang diambil dari asteroid Ryugu.
Foto: space.com
Sampel yang diambil dari asteroid Ryugu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamatan dari misi Hayabusa2 yang dilakukan Jepang membuat para astronom mempertanyakan asal usul asteroid Ryugu. Misi Hayabusa2 diluncurkan pada 2014, tiba di Ryugu pada 2018 dan mengembalikan sampel material asteroid ke Bumi pada 2020.

Selain mengumpulkan sampel-sampel ini, misi tersebut mengumpulkan data penting tentang tubuh kosmik dari jarak jauh. Sementara sampel batuan masih dipelajari, pengamatan jarak jauh mengungkapkan tiga fitur penting tentang Ryugu, yakni komposisi, bentuk, dan kemungkinan asalnya, menurut pernyataan dari Nagoya City University di Jepang.

Baca Juga

Pengamatan jarak jauh menunjukkan bahwa alih-alih satu batu monolitik, Ryugu adalah asteroid tumpukan puing yang terdiri dari potongan-potongan kecil baru dan bahan padat yang menggumpal oleh gravitasi. Menurut pernyataan itu, Ryugu juga berbentuk seperti gasing yang berputar, kemungkinan karena rotasinya yang cepat.

Terakhir, pengamatan menunjukkan bahwa Ryugu memiliki kandungan bahan organik yang sangat tinggi, menunjukkan bahwa itu tidak berasal dari puing-puing sisa tabrakan antara dua asteroid yang lebih besar, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Sebaliknya, para peneliti mengatakan Ryugu  mungkin mungkin merupakan sisa dari komet punah yang telah kehilangan sebagian besar air esnya.

Komet terdiri dari air es, batu dan debu yang tersisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Mereka terbentuk di bagian luar tata surya yang lebih dingin.

Namun, ketika komet melakukan perjalanan ke tata surya bagian dalam, ia memanas dengan sangat cepat saat mendekati matahari, yang menyebabkan es padat berubah langsung menjadi gas melalui proses yang disebut sublimasi. Proses ini hanya menyisakan puing-puing berbatu, yang, pada gilirannya, dipadatkan oleh gravitasi, membentuk asteroid tumpukan puing.

“Sublimasi es menyebabkan inti komet kehilangan massa dan menyusut, yang meningkatkan kecepatan rotasinya,” kata penulis utama Hitoshi Miura, seorang profesor di Nagoya City University dalam pernyataannya, dilansir dari Space, Senin (4/4/2022).

Sebagai hasil dari spin-up ini, inti komet dapat memperoleh kecepatan rotasi yang diperlukan untuk pembentukan bentuk yang berputar-putar.

“Selain itu, komponen es komet diperkirakan mengandung bahan organik yang dihasilkan di media antar bintang,” tambah Miura .

Bahan organik ini akan disimpan di puing-puing berbatu yang tertinggal saat es menyublim. Dengan menggunakan model fisik, para peneliti mensimulasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan es Ryugu untuk menyublim, serta memperkirakan peningkatan kecepatan rotasi asteroid yang dihasilkan.

Simulasi mereka menunjukkan bahwa Ryugu kemungkinan menghabiskan puluhan ribu tahun sebagai komet aktif sebelum pindah ke tata surya bagian dalam, di mana es Ryugu menguap, mengubahnya menjadi asteroid tumpukan puing, menurut pernyataan itu.

Analisis lebih lanjut dari sampel Ryugu akan membantu memastikan asalnya. Pada gilirannya, asteroid tumpukan puing serupa dengan kandungan organik tinggi mungkin disebut oleh para astronom sebagai objek transisi komet-asteroid (CATs). Misi OSIRIS-REx, yang bertujuan untuk mengembalikan sampel dari asteroid dekat Bumi lain yang dikenal sebagai Bennu, akan memberikan wawasan tambahan tentang jenis objek ini.

Baca juga : Ukraina Tolak Lanjutkan Negosiasi dengan Rusia Jika Pembicaraan Digelar di Belarusia

“CAT adalah objek kecil yang pernah menjadi komet aktif tetapi telah punah dan tampaknya tidak dapat dibedakan dari asteroid," kata Miura dalam pernyataannya. "Karena kesamaan mereka dengan komet dan asteroid, CAT dapat memberikan wawasan baru tentang tata surya kita."ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement