Ahad 27 Mar 2022 06:50 WIB

Studi Sebut Ada Kesalahan Penamaan Situs Kuno Machu Picchu

Situs Machu Picchu yang terkenal mungkin seharusnya disebut Huayna Picchu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Turis menunjungi kota yang hilang Machu Picchu di Peru.
Foto: foxnews
Turis menunjungi kota yang hilang Machu Picchu di Peru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia mungkin dinamai berdasarkan kesalahpahaman sederhana. Kota Inca kuno yang kita kenal sebagai ‘Machu Picchu’ mungkin harus disebut ‘Picchu’ atau Huayna Picchu’, menurut analisis baru dokumen sejarah.

Pada tahun 1911, ketika sejarawan dan penjelajah kulit putih Amerika, Hiram Bingham, pertama kali dibawa ke reruntuhan Inca kuno, dia meminta pemilik tanah setempat untuk menuliskan nama situs tersebut dalam jurnal lapangannya. Di tengah halaman, petani setempat, bernama Melchor Arteaga, menulis ‘Macho Pischo’, kata yang dicatat Bingham, terdengar lebih seperti ‘pecchu’ ketika diucapkan dengan keras.

Baca Juga

Sejak saat itu, nama itu melekat. Selama lebih dari satu abad, dunia telah mengulangi nama ini berkali-kali, di peta, dokumen, dan buku sejarah. Baru pada 1990-an beberapa ahli menebak-nebak nama.

Pada awal abad ke-20, reruntuhan Inca di Machu Picchu tidak diketahui oleh banyak penduduk lokal di wilayah Cusco. Namun, pegunungan di kedua sisi kota telah lama hilang itu sangat terkenal.

Puncak kecil dan curam di belakang reruntuhan di sebagian besar foto disebut ‘Huayna Picchu’, sedangkan puncak yang lebih besar dan miring ke selatan disebut ‘Machu Picchu’. Ketika Bingham mengumpulkan informasi sebelum memulai penjelajahannya, jurnalnya mengingat percakapan dengan Adolfo Quevedo, seorang pemimpin kota terdekat, yang menyebut reruntuhan itu sebagai ‘Huayna Picchu’.

Beberapa hari kemudian, seorang petani lokal mendekati pesta Bingham dan melaporkan bahwa ada beberapa reruntuhan yang disebut 'Huayna Picchu' di dekatnya. Ada juga reruntuhan lain, katanya, di puncak gunung Machu Picchu, meskipun ini ternyata jauh lebih kecil cakupannya daripada yang berada lebih dekat ke Huayna Picchu.

Kemudian, Bingham menulis 'Maccu Piccu, Huayna Pichu' dalam jurnalnya untuk merujuk ke situs tersebut. Hanya setelah Arteaga menuliskan nama yang sekarang terkenal sebagai tanggapan atas pertanyaan Bingham, Bingham memutuskan 'Machu Picchu' untuk selamanya. Tapi mungkin Arteaga tidak merujuk pada reruntuhan Huayna Picchu, tetapi reruntuhan di Machu Picchu.

"Dari catatan lapangan dan suratnya, tampak bahwa dalam menyebut kota yang hancur Machu Picchu, Bingham mengikuti informasi yang diberikan oleh Melchor Arteaga," tulis penulis analisis baru, dilansir dari Sciencealert, Jumat (25/3/2022). 

"Karena Arteaga tinggal di kaki gunung dan telah mengunjungi reruntuhan sebelumnya, dan bahkan mendaki Huayna Picchu, tidak ada alasan bagi Bingham untuk mempertanyakan nama itu, meskipun dalam percakapan sebelumnya, yang diadakan di kota Urubamba, reruntuhan itu secara khusus disebut Huayna Picchu."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement