Selasa 22 Mar 2022 03:27 WIB

Ilmuwan Ungkap Foto Baru Galaksi Spektakuler Messier 99

Galaksi NGC 4254 atau Messier 99 terletak 50 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Foto galaksi NGC 4254 yang diambil dengan instrumen MUSE.
Foto: eso
Foto galaksi NGC 4254 yang diambil dengan instrumen MUSE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah foto baru menunjukkan galaksi yang menakjubkan. Tidak hanya gambar yang benar-benar spektakuler, tetapi juga bernilai ilmiah. Galaksi yang dimaksud adalah objek yang disebut NGC 4254, atau Messier 99.

Gambar baru mengungkapkannya di beberapa spektrum cahaya, berkat Multi-Uni Spectroscopic Explorer (MUSE) pada Very Large Telescope ESO.

Baca Juga

Semua galaksi istimewa, tetapi NGC 4254, yang terletak sekitar 50 juta tahun cahaya dari Bima Sakti, termasuk dalam objek yang dianggap spektakuler di antara yang spektakuler. 

Dilansir dari Sciencealert, Senin (21/3/2022), galaksi ini adalah galaksi spiral dengan lengan spiral menonjol serta terbentuk dengan baik. Pada gambar terbaru, NGC 4254 tampak jauh lebih halus, karena mengungkapkan gas antarbintang yang terionisasi oleh bintang yang baru lahir.

photo
Gambar galaksi NGC 4254 atau Messier 99 yang diambil dalam spektrum cahaya tampak dengan teleksop Hubble - (hubble, NASA, ESA)
 

Meskipun galaksi tersebut tidak melahirkan bintang pada tingkat yang cukup tinggi untuk mengategorikannya sebagai galaksi ledakan bintang, aktivitasnya tiga kali lebih tinggi daripada rata-rata untuk galaksi jenisnya.

Para astronom berpikir ini bisa jadi karena interaksi dengan galaksi lain, jutaan tahun yang lalu. Petunjuk untuk mendukung ini terletak pada salah satu lengan spiral NGC 4254, yang tampak lebih longgar dan lebih panjang daripada yang lain.

Interaksi kuno ini akan mengganggu NGC 4254, menyebabkan kompresi yang cukup dalam gas molekulernya untuk memicu aktivitas pembentukan bintang yang meningkat.

Jaraknya yang relatif dekat dengan Bima Sakti, dan sudut pandang yang dapat kita lihat, bergabung untuk menjadikan NGC 4254 contoh yang sangat baik untuk mempelajari proses pembentukan bintang.

Gambar MUSE diambil sebagai bagian dari proyek Physics at High Angular resolution in Nearby GalaxieS (PHANGS). Proyek ini mengambil gambar multi-panjang gelombang resolusi tinggi dari galaksi-galaksi terdekat untuk mempelajari seluruh siklus kelahiran bintang.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement