Jumat 18 Mar 2022 14:34 WIB

Pratinjau Pengembang Android 13 Kedua Dirilis

Rilis baru berfokus pada dua kategori, yaitu keamanan dan produktivitas pengembang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Android 13
Foto: xda developer
Android 13

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google meluncurkan pratinjau pengembang kedua Android 13 atau Android Developer Preview (DP) 2. Secara keseluruhan, rilis baru berfokus pada dua kategori, yaitu keamanan dan produktivitas pengembang.

Sekarang Android 13 DP 2 tersedia untuk ponsel Pixel dari Google Pixel 4. Jika Anda sudah menginstal pratinjau pengembang pertama, tunggu saja karena Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk segera diperbarui.

Baca Juga

Jika Anda tidak menggunakan Pixel, Anda dapat memeriksa Android 13 menggunakan Android Emulator di dalam Android Studio.

Android 13 DP 2: Izin pemberitahuan

Dilansir Android Authority, Jumat (18/3/2022), penambahan paling signifikan untuk Android 13 adalah izin pemberitahuan baru yang Google akan mewajibkan pengembang untuk menggunakannya. Anda tahu bagaimana Anda perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon? Nah, mulai dengan versi Android berikutnya, Anda juga harus menyetujui akses ke notifikasi.

Tanda notifikasi akan selalu tampak familier. Ini mungkin tampak seperti hal yang sepele, tetapi sebenarnya ini adalah masalah besar. Sampai sekarang, aplikasi default mengirimi Anda semua notifikasi yang mereka inginkan. Anda kemudian perlu secara manual mengubah aplikasi mana yang dapat mengirim Anda pemberitahuan.

Dengan sistem baru, Anda akan dapat memutuskan dari awal apakah suatu aplikasi bisa mengirim Anda pemberitahuan. Jika Anda adalah tipe orang yang selalu menginstal aplikasi baru, ini akan sangat berguna.

Tambahan baru lainnya untuk Android 13 adalah izin yang dapat diturunkan. Ini akan memungkinkan pengembang untuk secara otomatis mencabut izin yang tidak lagi diperlukan. Misalnya, jika aplikasi yang pernah Anda instal memerlukan akses kamera tetapi sekarang tidak, Android dapat secara otomatis menurunkan versi izin tersebut.

Sayangnya, tampaknya Google tidak mengamanatkan pengembang untuk memasukkan ini ke dalam aplikasi mereka meskipun itu bisa berubah di masa depan.

Pembaruan yang berfokus pada pengembang

-Sekarang akan lebih mudah untuk memformat teks Jepang sehingga lebih mudah dibaca.

-Skrip non-latin, seperti Tamil, Burma, Telugu, Tibet, dan lain-lain akan terlihat lebih baik dengan ketinggian garis adaptif. Ini akan mencegah bagian bawah karakter terpotong.

-Orang-orang yang menggunakan huruf fonetik(seperti mereka yang berbicara bahasa Jepang dan Cina sekarang akan lebih mudah melakukan pencarian dan melengkapi teks secara otomatis. Ini karena API konversi teks baru yang dimasukkan ke dalam Android 13.

-Font dan emoji akan memiliki dukungan rendering dari COLRv1. Ini akan membantu mereka merender dengan cepat dan terlihat bagus di hampir semua ukuran.

-Bluetooth Low Energy (LE) sekarang sudah terpasang langsung ke dalam sistem operasi.

-MIDI 2.0 juga mendapatkan dukungan tingkat sistem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement