Jumat 11 Mar 2022 15:11 WIB

Deretan Fitur Terbaru Google di Android

Google belum memberikan tanggal rilis resmi untuk beberapa fitur baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google memberikan pembaruan untuk aplikasi Android. Fitur blur potret Google Foto di Android akan segera dapat mengaburkan latar belakang dalam rentang foto yang lebih luas, termasuk gambar hewan peliharaan, makanan, dan tanaman.

Ini merupakan salah satu dari sejumlah pembaruan yang muncul ke aplikasi dan layanan Google di Android yang mencakup penyesuaian pada Google TV, widget waktu layar baru, dan penerapan fitur Gboard yang membantu meningkatkan tata bahasa Anda.

Baca Juga

Sebelumnya, Google Foto dapat mengaburkan latar belakang pada foto orang. Namun, dengan pembaruan ini, pemilik Pixel dan pelanggan Google One dapat menggunakannya pada lebih banyak subjek. Selain itu, potret blur juga dapat diterapkan pada foto yang ada sebagai efek pasca pemrosesan.

Fitur koreksi tata bahasa keyboard Gboard melihat peluncuran yang lebih luas setelah sebelumnya hanya eksklusif untuk ponsel Pixel. Google mengatakan fitur tersebut berfungsi di perangkat dan bergabung dengan fungsi pemeriksa ejaan yang ada.

Gboard juga diperbarui dengan 2.000 mashup emoji tambahan yang menggabungkan dua emoji menjadi stiker yang dapat diposting di berbagai aplikasi perpesanan dan layanan daring.

Aplikasi aksesibilitas Transkripsi Instan yang dirancang untuk menawarkan transkripsi ucapan-ke-teks yang cepat dan nyaman bagi penderita gangguan pendengaran, sedang diperbarui untuk bekerja secara offline. Google mengatakan ini akan membantu untuk percakapan yang terjadi di mana saja, seperti kereta bawah tanah dan pesawat terbang. Transkripsi Instan tersedia di semua ponsel Android dan sudah diinstal sebelumnya di ponsel Pixel dan Samsung.

Dikutip The Verge, Jumat (11/3), ada sejumlah upgrade lain yang datang. Asisten Google mendapatkan beberapa fitur parkir yang memungkinkan Anda membayar, memeriksa status parkir, dan memperpanjang waktu hanya dengan suara Anda. Ia bekerja dengan mengintegrasikan dengan ParkMobile dan tersedia di lebih dari 400 kota AS.

Sementara itu, fitur Berbagi Terdekat Android sedang diperbarui untuk berbagi file dengan lebih dari satu orang pada satu waktu dan Google TV mendapatkan tab Sorotan baru yang dirancang untuk menawarkan umpan berita dan ulasan hiburan berdasarkan film. Terakhir, widget Waktu Layar baru yang dirilis di Android dirancang untuk menawarkan tampilan sekilas aplikasi yang Anda gunakan untuk menghabiskan waktu di siang hari.

Namun, Google belum memberikan tanggal rilis resmi untuk fitur ini. Sama seperti pembaruan Google untuk aplikasi pesannya, tampaknya aman untuk mengasumsikan ini akan diluncurkan selama beberapa pekan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement