Jumat 11 Mar 2022 08:19 WIB

Fitur Baru Google Message Tingkatkan Percakapan Pengguna Android dan iOS

Google message menghadirkan fitur reaksi terhadap pengguna iOS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Fitur baru Google Message
Foto: google
Fitur baru Google Message

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pembaruan aplikasi Google Messages versi Android menghadirkan banyak fitur baru untuk meningkatkan komunikasi antara pengguna Android dan iOS. Fitur terpenting dari pembaruan baru adalah penambahan dukungan untuk reaksi iOS.

Setelah dalam versi beta selama lebih dari sebulan, fitur kompatibilitas akan mengambil reaksi iOS yang sebelumnya diterjemahkan di perangkat Android menjadi teks sederhana. Sebagai gantinya, reaksi itu akan berubah menjadi emoji asli yang paling mewakili sentimen reaksi, termasuk emoji tertawa menangis dan marah.

Baca Juga

Kemampuan baru ini disertai dengan fitur tambahan yang ditujukan untuk memperlancar percakapan Android ke iOS. Google juga menambahkan dukungan untuk berbagi tautan Foto Google untuk mengirim foto dan video berkualitas penuh ke pengguna non-RCS di iOS. Demikian pula, tautan YouTube yang dikirim dari perangkat Android ke iPhone sekarang juga akan memberikan pratinjau untuk penerima.

Google dan perusahaan lain di industri perangkat seluler telah lama menyesali keengganan Apple untuk mengadopsi protokol RCS yang memungkinkan fitur perpesanan yang kaya di antara berbagai perangkat. Namun, adaptasi kecil seperti ini akan memuluskan sistem perpesanan yang berbeda yang digunakan oleh Android dan iOS untuk sementara waktu.

Selain penambahan iOS-centric, Google juga meningkatkan beberapa aspek pesan untuk membuat hidup pengguna lebih mudah. Kualitas pembaruan hidup mencakup kemampuan untuk secara otomatis menghapus pesan kata sandi satu kali setelah 24 jam, opsi untuk mengurutkan kotak masuk Anda ke dalam pesan pribadi dan bisnis, pengingat pesan yang belum Anda tanggapi, dan pengingat ulang tahun untuk semua kontak Anda.

Dikutip ZDNet, Jumat (11/3/2022), versi terbaru Google Message tersedia untuk diunduh sekarang dari Google Play. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement