Kamis 03 Mar 2022 16:23 WIB

Besok, Sebuah Roket akan Menabrak Bulan, Benarkah Milik China?

Roket siap bertabrakan dengan bulan pada Jumat (4/3/2022)

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bulan (Ilustrasi)
Foto:

Di antara orang-orang yang telah membuat koneksi China adalah Bill Gray, manajer Project Pluto, yang memasok perangkat lunak astronomi, baik komersial maupun gratis, kepada astronom amatir dan profesional.

“Benar-benar tidak ada alasan yang baik pada saat ini untuk berpikir bahwa objek itu selain booster Chang'e 5-T1,” kata Gray kepada Inside Outer Space bulan lalu, dilansir dari Space, Kamis (3/3/2022).

Proses Pembuatan Kawah

Tabrakan 4 Maret akan secara umum mirip dengan dampak yang terjadi selama program Apollo NASA, ketika tahap ketiga roket Saturn V besar sengaja diarahkan ke bulan. Dalam kedua kasus, proyektil yang menabrak bulan kurang lebih adalah sebuah kaleng.

“Hasilnya adalah banyak energi yang digunakan untuk menghancurkan proyektil daripada menggali kawah,” kata ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins di Maryland.

Tahap ketiga Saturn V menciptakan kawah yang lebih dangkal dari kawah alami dan memiliki bentuk asimetris, sebagian besar terkait dengan sudut benturan rendah, Plescia menambahkan. “Selalu baik untuk mengetahui parameter proyektil untuk lebih memahami proses kawah,” katanya.

Plescia mencatat bahwa kedalaman kawah dan karakteristik lain dari peristiwa tumbukan akan lebih andal diukur untuk kecelakaan 4 Maret, karena gambar pra-benturan telah diambil oleh sistem kamera LRO yang kuat.

“Satu-satunya ketidakpastian saat ini adalah orientasi booster sehubungan dengan lintasan. Itu berputar, tetapi apakah itu hanya berputar dalam mode rotisserie atau jatuh tidak jelas,” kata Plescia.

Melukis dari Garis yang Berbeda

Wisnu Reddy dan peneliti mahasiswa masuk di University of Arizona di Tucson, yang telah melakukan pengamatan terhadap tahap atas yang menyimpang. Reddy dan timnya mempelajari tahap roket pada 7 Februari, mendapatkan spektrum objek. Mereka memanfaatkan sistem Rapid Astronomical Pointing Telescopes for Optical Reflectance Spectroscopy (RAPTORS), sebuah teleskop di atas gedung di kampus University of Arizona.

“Kemudian kami membandingkan spektrumnya dengan booster tahap kedua Falcon 9 yang memiliki asal yang sama dengan misi DSCOVR dan booster China yang memiliki asal yang sama dengan misi Chang'e 5-T1,” kata Reddy kepada Inside Outer Space.

“Kedua booster ini berada di orbit Bumi dan diluncurkan sekitar tahun yang sama dengan Chang'e 5-T1,” ucap Reddy.

Dia mengatakan spektrum penabrak bulan lebih cocok dengan booster China daripada booster SpaceX. Mengingat bukti dinamis yang dikutip oleh Bill Gray, dia pun merasa yakin bahwa roket itu memang milik China.

“Radar akan membantu menentukan lokasi tumbukan dengan lebih baik karena booster diombang-ambingkan oleh tekanan radiasi matahari,” kata Reddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement