Selasa 15 Feb 2022 14:53 WIB

Berkat Android 13, Windows 11 di Bisa Dijalankan di Ponsel

Windows 11 dapat digunakan meskipun akselerasi GPU perangkat keras tidak mendukung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Menu Start WIndows 11
Foto: microsoft
Menu Start WIndows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekilas sistem operasi (OS) Android 13 tidak tampak memiliki perubahan yang signifikan seperti menawarkan pemilih foto yang aman, ikon bertema, dan izin WiFi baru. Namun, pembaruan tersebut memungkinkan pengguna untuk menjalankan OS alternatif seperti Windows 11 di mesin virtual (VM).

Pengembang Web dan Aplikasi Android Danny Lin melalui akun Twitter kdrag0n, telah memamerkan Windows 11 Arm yang berjalan di mesin virtual pada Google Pixel 6. Ponsel itu memang menjalankan pembaruan Android 13 DP1.

Baca Juga

Lin menambahkan Windows 11 benar-benar dapat digunakan meskipun akselerasi GPU perangkat keras tidak didukung. Bahkan, ia memposting video yang menunjukkan Doom berjalan di VM Windows 11.

Dilansir Android Authority, Selasa (15/2), Windows 11 bukan satu-satunya sistem operasi yang dijalankan oleh pengembang di Pixel 6 karena ia juga memamerkan berbagai distribusi Linux yang dapat di-boot di perangkat. Bagaimana hal ini mungkin terjadi?

Editor Esper dan Eks Pemimpin Redaksi XDA-Developers Mishaal Rahman menjelaskan Android 13 pada Pixel 6 mendukung kerangka kerja virtualisasi baru. Yang jelas, kata dia, Google melakukan banyak pekerjaan untuk menciptakan kerangka kerja virtualisasi yang lebih baik dan harus dijalankan di berbagai perangkat Android. Ini bukan pertama kalinya kita melihat Windows 11 Arm berjalan di ponsel Android.

Sebuah komunitas bernama Proyek Renegade sebelumnya melakukan porting Microsoft Windows 10 Arm dan Windows 11 Arm salah satunya ke perangkat Snapdragon 845. Namun, perkembangan terbaru ini masih sangat keren untuk dilihat dan berharap rute mesin virtual lebih mudah diakses dan berkinerja lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement