Selasa 08 Feb 2022 15:20 WIB

Microsoft Uji Fitur Rahasia Windows 11, Ada Mode Tablet

Microsoft menghadirkan referensi stiker untuk wallpaper dekstop di Windows 11 baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Tangkapan layar menunjukkan bahwa Anda dapat memilih stiker, yang biasa ditemukan di aplikasi perpesanan, untuk wallpaper dan mengeditnya dari desktop.
Foto: albacore
Tangkapan layar menunjukkan bahwa Anda dapat memilih stiker, yang biasa ditemukan di aplikasi perpesanan, untuk wallpaper dan mengeditnya dari desktop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft tampaknya sedang mengerjakan beberapa fitur Windows 11 baru yang belum diumumkan kepada publik. Referensi ke stiker untuk wallpaper desktop, kemampuan untuk menyembunyikan taskbar untuk tablet, dan bagian keberlanjutan di Settings semuanya telah ditemukan dalam versi uji terbaru Windows 11. 

Fitur baru telah ditemukan beberapa hari setelah Microsoft mengumumkan akan menguji lebih banyak fitur eksperimental Windows 11.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Selasa (8/2/2022), fitur kustomisasi baru untuk membawa stiker ke wallpaper desktop di Windows 11 telah dibagikan oleh penggemar Windows Albacore di Twitter. Tangkapan layar menunjukkan bahwa Anda dapat memilih stiker, yang biasa ditemukan di aplikasi perpesanan, untuk wallpaper dan mengeditnya dari desktop.

Saat ini widget sudah ada di Windows 11 tetapi tidak bisa disematkan ke desktop, sehingga stiker bisa menjadi alternatif untuk kustomisasi desktop. Stiker dapat dibatasi untuk satu monitor, dan referensi ke fitur di Windows 11 mencakup kebijakan seputar penggunaan pendidikan.

Microsoft saat ini mengirimkan Windows 11 SE pada laptop murah baru untuk siswa, dan itu dioptimalkan sehingga aplikasi selalu meluncurkan layar penuh pada satu layar. Ada kemungkinan bahwa fitur stiker baru dapat menjadi bagian dari Windows 11 SE, atau versi Windows 11 yang berfokus pada konsumen.

Albacore juga telah menemukan referensi tentang apa yang mungkin menjadi bagian dari mode tablet yang kembali di Windows 11. Pengaturan taskbar baru telah muncul, berlabel “Secara otomatis menyembunyikan taskbar saat menggunakan perangkat Anda sebagai tablet”.

Microsoft sebagian besar meninggalkan sebagian besar fitur mode tablet tradisional di Windows 11. Namun, perusahaan telah merencanakan banyak gerakan dan mode untuk proyek Windows 10X yang dibatalkan dan perangkat tablet layar ganda.

Sementara itu, bagian keberlanjutan baru dari Pengaturan Windows 11 sepertinya akan menawarkan rekomendasi tentang penghematan energi dan daur ulang perangkat. Microsoft juga tampaknya mengganti nama Focus Assist menjadi Focus saja, dengan opsi untuk menjadwalkan mode senyap melalui Outlook.

Fitur-fitur ini saat ini tidak tersedia untuk sebagian besar penguji Windows 11, dan Microsoft belum mengakui keberadaannya. Pembuat perangkat lunak itu mengakui bahwa penggemar Windows dinonaktifkan dalam uji coba Windows 11 terbaru. Microsoft mengatakan hanya akan mengomunikasikan tentang fitur yang diaktifkan untuk dicoba oleh orang dalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement