Senin 20 Nov 2023 21:33 WIB

Cara Menyalin Teks dari Gambar dengan Cepat di Windows 11

Alat ini mengidentifikasi teks dalam berbagai bahasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Gita Amanda
Menu Start WIndows 11
Foto: microsoft
Menu Start WIndows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyalin teks di Windows 11 dan versi lainnya itu mudah. Cukup pilih teks dan gunakan Ctrl+C untuk menyalinnya ke clipboard. Anda mungkin juga dapat mengeklik kanan pilihan untuk memilih salinan dari menu konteks. 

Namun, menyalin teks dari gambar tidaklah mudah. Microsoft mengungkapkan pada Agustus Snipping Tool bawaan akan mendapatkan fungsionalitas baru. Ini meluncurkan Text Actions pada September 2023 dalam versi pengembangan. 

Baca Juga

Dilansir Ghacks, Senin (20/11/2023), Snipping Tool dimulai sebagai alat penangkap layar. Microsoft menambahkan opsi perekaman video akhir tahun lalu dan telah melakukan perbaikan lainnya sejak saat itu. 

Fitur baru yang utama adalah OCR, pengenalan karakter optik. Pada dasarnya, apa yang dilakukannya adalah mengidentifikasi teks dalam gambar agar teks tersebut dapat dipilih dan disalin. 

Cara menggunakan fitur tersebut cukup mudah, asalkan Anda menjalankan Windows 11 versi terbaru (minimal Windows 11 versi 23H2). Untuk memulai, luncurkan Snipping Tool dari Start. 

Buka Start Menu, ketik Snipping Tool dan pilih aplikasi dari hasilnya. Anda sekarang dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar baru atau pilih Menu > Open File untuk membuka gambar yang sudah ada. Aplikasi ini mendukung format gambar populer, yang berarti Sebagian besar gambar Anda akan dimuat dengan baik. 

Setelah selesai, pilih Text Actions dari toolbar utama. Microsoft mengatakan fitur tersebut didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Anda akan melihat bahwa teks sekarang disorot pada gambar. 

Anda sekarang dapat menyalin semua teks dengan mengeklik atau mengetuk “copy all text” di bagian atas. Pilihan lainnya adalah menyorot teks dan menggunakan Ctrl+C atau klik kanan > Copy untuk menyalinnya ke clipboard. 

Fitur pengenalan teks berfungsi dengan baik dan tidak terbatas pada bahasa Inggris. Alat ini mengidentifikasi teks dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Jerman, dan Jepang tanpa masalah selama pengujian. 

Microsoft memasukkan fitur berguna lainnya ke dalam alat ini. Opsi redaksi cepat akan menyunting nomor telepon dan alamat email bisa dipilih. Tentu saja, Anda juga dapat memproses konten setelah menyalinnya ke clipboard, terutama jika bit teks lain perlu disunting, karena saat ini hal ini tidak didukung oleh Snipping Tool. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement