Rabu 15 Mar 2023 06:59 WIB

Trik Optimalkan Fitur di Windows 11

Beberapa fitur baru yang sebelumnya tak ada di Windows 10 bisa digunakan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sistem operasi Windows 11 punya desain apik dengan bilah tugas terpusat.
Foto: microsoft
Sistem operasi Windows 11 punya desain apik dengan bilah tugas terpusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem operasi Windows 11 punya desain apik dengan bilah tugas terpusat. Bagi pengguna komputer yang perangkatnya sudah memiliki sistem operasi ini bisa memakai beberapa fitur baru yang sebelumnya tak ada di Windows 10.

Jason Cohen dan Michael Muchmore dari PCMag membagikan sejumlah trik untuk mengoptimalkan deretan fitur baru tersebut. Berikut sejumlah kiat dari mereka, seperti dikutip dari laman Mashable SEA, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga

- Sejajarkan kembali tombol "mulai"

Hal pertama yang mungkin menarik perhatian pengguna adalah penempatan tombol "mulai". Jika sebelumnya terletak di sudut kiri bawah layar, sekarang tombol itu dipusatkan dengan ikon lainnya di bilah tugas. Apabila lokasi itu membingungkan, pindahkan ke posisi semula.

Caranya, klik kanan bilah tugas dan buka pengaturan bilah tugas. Pilih "drop-down taskbar behaviors" dan ubah "taskbar alignment" ke kiri. Setelahnya, ikon bilah tugas pada Windows 11 akan bergerak ke kiri dan tombol "mulai" kembali ke tempatnya semula.

 

- Tambahkan banyak opsi ke menu klik kanan

Menu klik kanan Windows 11 hanya berfokus pada pengaturan yang paling penting. Jika memerlukan pengaturan lainnya seperti mencetak, mengatur latar belakang baru, atau melihat lokasi lengkap file, pilih "tampilkan lebih banyak" untuk memperbanyak opsi.

 

- Sesuaikan panel pengaturan cepat

Windows 11 memisahkan pengaturan cepat yang muncul di "action center" Windows 10 dari pemberitahuan panel. Jika ingin melakukan penyesuaian, klik area bilah tugas yang menampilkan ikon Wi-Fi, speaker, dan baterai.

Untuk menambahkan atau menghapus tombol setelan, klik tombol "edit setelan cepat" yang berbentuk pensil. Hilangkan ikon yang tidak diinginkan atau klik "tambah" agar fitur baru dapat diakses dari menu "setelan cepat" sesuai kebutuhan dan preferensi.

 

- Buat dan kelola banyak desktop

Microsoft mengganti tombol "tampilan tugas" yang lama dengan ikon yang didesain ulang di bilah tugas. Ini membuat pengguna lebih mudah untuk membuat dan mengelola banyak desktop. Arahkan kursor ke ikon untuk melihat desktop virtual yang terbuka atau buat desktop baru.

Desktop dapat diatur ulang sesuai kebutuhan. Aplikasi yang ada di satu desktop dapat diseret ke desktop lainnya. Bahkan, pengguna dapat menggunakan wallpaper berbeda untuk setiap desktop virtual untuk tampilan lebih keren.

 

- Kumpulkan widget

Windows 11 memasukkan banyak widget, sehingga pengguna bisa memilih dan mengelola sesuai kebutuhan. Widget yang tersedia mulai dari informasi cuaca, skor pertandingan olahraga terkini, harga saham, lalu lintas terdekat, hingga agenda di kalender.

 

- Ada sesi fokus

Dengan pesan dan obrolan video yang bermunculan sepanjang hari kerja, perhatian jadi mudah teralih. Sesi fokus di Windows 11 mendukung pengguna menyisihkan waktu untuk fokus pada pekerjaan tanpa gangguan.

Sesi fokus tersedia di aplikasi "alarm & jam", menawarkan setidaknya 30 menit waktu kerja tanpa gangguan. Jika melampaui 45 menit, aplikasi secara otomatis menjadwalkan istirahat lima menit di sekitar pertengahan sesi.

Fitur lain yang bisa didapat pengguna Windows 11 yakni mendengarkan dengan mode suara baru, langkah ekstra untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang terpasang di perangkat, menyematkan aplikasi ke menu "mulai", kustomisasi menu "mulai", serta mengubah aplikasi default. Pengguna pun bisa menambahkan tab ke "file explorer", sehingga pengguna tak perlu memenuhi desktop dengan beberapa jendela "file explorer".

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement