Senin 06 Mar 2023 15:42 WIB

Ada yang Baru dari Windows 11, Apa Itu?

Microsoft telah menambahkan pintasan khusus untuk mengakses fitur lebih cepat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft telah menambahkan pintasan khusus untuk mengakses fitur lebih cepat pada Windows 11./ilustrasi.
Foto: digitaltrends
Microsoft telah menambahkan pintasan khusus untuk mengakses fitur lebih cepat pada Windows 11./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Selama bertahun-tahun, Microsoft telah mencoba meningkatkan pengalaman dalam beberapa cara. Misalnya, perusahaan menyederhanakan cara Windows 10 mengategorikan perangkat Bluetooth pada 2021.

Terlepas dari upaya tersebut, sering kali terasa seperti OS tidak membuat peralihan antara output audio dan mengelola tingkat suara semudah yang seharusnya. Contohnya, ada harapan panel Quick Setting milik Windows 11 memungkinkan pengguna menyesuaikan tingkat audio berdasarkan aplikasi.

Baca Juga

Untungnya, raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat (AS) ini akhirnya bersiap untuk mengatasi gangguan kecil itu bagi pengguna Windows. Pekan ini, perusahaan merinci Windows 11 Insider Preview terbaru dan kebetulan menyertakan mixer volume Quick Settings yang didesain ulang.

Elemen antarmuka yang diperbarui tidak hanya memungkinkan Anda beralih di antara perangkat audio, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk mengaktifkan suara spasial dan menyesuaikan keluaran volume berdasarkan per aplikasi. Dua hal itu tidak dapat Anda lakukan dengan desain saat ini.

Dilansir dari Engadget, Senin (6/3/2023), terlebih lagi, Microsoft telah menambahkan pintasan khusus untuk mengakses fitur lebih cepat. Setelah Anda memiliki akses ke mixer volume, tekan tombol Windows, Ctrl, dan V pada keyboard Anda secara bersamaan untuk membukanya.

“Dengan perubahan ini, Anda sekarang dapat menyesuaikan pengalaman audio Anda dengan lebih banyak kontrol dan lebih sedikit klik untuk mengelola aplikasi favorit Anda dengan lebih baik,” kata Microsoft tentang antarmuka yang didesain ulang.

Seperti yang ditunjukkan oleh Bleeping Computer, mixer volume baru ini mengingatkan pada mod EarTrumpet yang populer. Meski begitu belum ada kabar kapan Microsoft berencana untuk meluncurkan fitur Windows Insider terbaru untuk pengguna biasa, tetapi Engadget berharap fitur baru ini cepat sampai ke masyarakat umum.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement