Kamis 02 Mar 2023 16:07 WIB

Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Call Links di Aplikasi Windows

WhatsApp hadir dengan fitur baru yaitu call links.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna bisa menemukan opsi call links WhatsApp baru di tab panggilan/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Pengguna bisa menemukan opsi call links WhatsApp baru di tab panggilan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Perusahaan teknologi Meta menghadirkan beberapa fitur yang layak ke aplikasi perpesanan WhatsApp dari masa ke masa. Kini opsi membuat tautan untuk bergabung dalam percakapan tersedia untuk beberapa pengguna beta layanan pesan tersebut.

Sebagaimana dilansir dari Gizchina, Kamis (2/3/2023), menurut WABetaInfo, situs web yang melacak WhatsApp, tautan panggilan atau call links akan hadir.

Baca Juga

“Tim merilis peningkatan panggilan WhatsApp dengan menghadirkan fitur baru: call links. Berkat fitur ini, siapa pun dapat bergabung dalam panggilan dengan membuka tautan. Itu datang dalam pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Windows 2.2307.3.0 di Microsoft Store,” kata situs itu.

Pengguna bisa menemukan opsi call links WhatsApp baru di tab panggilan.

Inilah cara mendapatkan tautannya:

Pertama, pengguna mengakses halaman panggilan aplikasi untuk melihat apakah akun WhatsApp Anda memiliki akses ke opsi koneksi panggilan baru. 

Kedua, pilih format kontak antara suara dan video jika Anda ingin menggunakan fungsi ini.

Ketiga, setelah memilih format, itu membuat tautan secara otomatis. 

Keempat, salin URL dan bagikan di obrolan WhatsApp Anda atau ketuk tab Calls. Kelima, ketuk Create Call Link.

Keenam, pilih jenis panggilan, video, atau suara Anda. Terakhir, ketuk Copy Link, Send Link via WhatsApp untuk dibagikan di WhatsApp atau Share Link untuk membagikannya di aplikasi lain.

Di sisi lain, fitur Call Links WhatsApp menggunakan tautan yang berbeda untuk panggilan yang berbeda.

Hal tersebut  memastikan tidak ada yang bisa bergabung dengan percakapan pribadi tanpa persetujuan Anda. Jadi URL yang digunakan selalu berbeda setiap kali Anda membuat tautan panggilan baru.

Fitur call links memudahkan meminta individu untuk bergabung dengan percakapan WhatsApp tanpa terlebih dahulu menambahkannya ke kontak Anda. Hanya mereka yang mendapat tautan dari Anda yang dapat menggunakan fungsi ini.

Tautan itu berlaku untuk panggilan satu kali dengan orang yang mungkin tidak Anda kenal dengan baik. Selain itu, ini adalah pilihan yang fleksibel karena berbagi koneksi meluas ke pihak eksternal.

Pengguna beta telah dapat mengakses fitur Call Links baru setelah mengunduh dan menginstal pembaruan WhatsApp beta untuk Windows 2.2307.1.0 Menurut WABetaInfo, perlu diketahui bahwa  itu akan didistribusikan ke lebih banyak orang dalam beberapa hari ke depan jika Anda tidak melihat versi ini di Microsoft Store.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement