Kamis 11 May 2023 10:31 WIB

Baru Beli PC Windows 11 Baru, Berikut Cara Pasangnya dengan Benar

Pengaturan yang benar penting untuk kinerja Windows 11 yang lebih baik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Ada beberapa hal yang harus Anda ingat saat mengatur PC dengan Windows 11./ilustrasi
Foto: microsoft
Ada beberapa hal yang harus Anda ingat saat mengatur PC dengan Windows 11./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika Anda membeli PC Windows 11 baru atau berencana membeli perangkat Windows 11 baru, Anda harus tahu cara mengaturnya dengan benar. Pengaturan yang benar penting untuk kinerja dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengaturan ini tidak hanya mencakup tentang Windows 11, tetapi juga pengaturan dan perubahan yang harus dilakukan sebelum menggunakannya.

Dilansir Gadgets Now pada Kamis (11/5/2023), berikut beberapa hal yang harus Anda ingat saat mengatur PC dengan Windows 11.

Baca Juga

Yang terpenting, buka kotak perangkat keras dengan benar. Lepaskan plastik dan bahan pelindung lainnya sebelum memulai atau mencolokkan kabel. Sambungkan kabel yang diperlukan, seperti kabel daya, periferal, dan lain-lain. Setelah tersambung, tekan tombol daya untuk menghidupkan PC.

 

1. Hati-hati dengan pengaturan awal Windows 11.

Setelah perangkat dihidupkan, Anda akan disambut dengan layar pengaturan Windows 11. Ikuti petunjuk di layar seperti pilih wilayah, bahasa, tata letak keyboard, dan lain-lain. Kemudian, lanjutkan dan sambungkan perangkat dengan internet, baik melalui kabel Ethernet atau Wi-Fi.

Kini, lanjutkan proses penyiapan dan masukkan kredensial akun Microsoft untuk menerima fitur, pembaruan, dan aplikasi terbaru. Setelah semuanya selesai dan siap, Windows 11 sekarang siap di perangkat dan Anda dapat mulai menggunakannya.

 

2. Perhatikan pengaturan privasi dan personalisasi.

Selama proses penyiapan, Windows 11 akan memberi Anda pengaturan privasi dan personalisasi. Luangkan waktu untuk meninjau dan menyesuaikan pengaturan ini sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur seperti iklan yang dipersonalisasi, berbagi data diagnostik, dan layanan lokasi. Sesuaikan pengaturan ini berdasarkan tingkat kenyamanan Anda dan klik melalui layar pengaturan yang sesuai.

 

3. Jalankan pembaruan Windows.

Pembaruan Windows memastikan bahwa perangkat menjalankan versi terbaru Windows 11 dan juga memiliki driver versi terbaru yang diinstal di dalamnya untuk kinerja yang lebih baik dan optimal.

 

4. Personalisasi PC Windows 11.

Jika Anda setuju dengan tema dan tata letak Windows 11 default, maka tidak apa-apa. Namun, Anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan pada Windows 11 agar lebih personal. Misalnya, aktifkan mode Dark dan terapkan tema gelap dari Windows 11 Settings. Kustomisasi Taskbar dan pengaturan lainnya.

 

 

5. Meninjau pengaturan anti-virus.

Sebelumnya, penting untuk memastikan bahwa sistem aman dan memiliki basis data anti-virus terbaru. Untuk melakukan ini, tinjau semua pengaturan perangkat lunak antivirus yang disertakan dengan sistem atau gunakan Windows Defender untuk mengamankan PC Windows 11 Anda dari virus dan malware.

 

 

6. Unduh dan instal aplikasi yang diperlukan.

Untuk membuat PC Windows 11 baru lebih fungsional, instal aplikasi perangkat lunak penting. Instal browser web, pemutar musik, dan aplikasi lain sesuai pilihan Anda. Pastikan untuk mengunduhnya baik melalui Microsoft Store atau dari sumber yang dapat dipercaya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement