Ahad 30 Jan 2022 20:44 WIB

Periode Sibuk Misi Antariksa China

China merilis program antariksa lima tahun ke depan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
Astronot China tiba di stasiun antariksa
Foto:

“Dalam lima tahun ke depan, China akan terus meningkatkan kapasitas dan kinerja sistem transportasi ruang angkasanya dan bergerak lebih cepat untuk meningkatkan kendaraan peluncuran,” kata dokumen itu. 

“Ini akan semakin memperluas keluarga kendaraan peluncuran, mengirim roket pembawa generasi baru ke luar angkasa dan roket pembawa bahan bakar padat berdaya dorong tinggi dan mempercepat R&D [penelitian dan pengembangan] kendaraan peluncuran angkat berat,” ujarnya.

China meluncurkan Tianhe, modul inti dari stasiun luar angkasa barunya, pada April 2021 dan mengirim dua misi tiga astronaut ke lab yang mengorbit tak lama kemudian, satu pada Juni dan lainnya pada Oktober. Negara tersebut berencana untuk menyelesaikan pembangunan stasiun tahun ini, sebuah tugas yang memerlukan peluncuran dua modul lainnya, yang dikenal sebagai Mengtian dan Wentian.

Selain itu, China sedang membangun teleskop luar angkasa yang disebut Xuntian, yang akan diluncurkan ke orbit yang sama dengan stasiun luar angkasa dan berlabuh secara berkala. Xuntian akan diluncurkan dalam lima tahun ke depan, dokumen baru menyatakan. Dan stasiun luar angkasa akan mendapatkan latihan yang cukup selama peregangan itu; astronaut akan tinggal di sana dalam “tugas jangka panjang”, melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pemeliharaan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement