Senin 19 Feb 2024 19:42 WIB

Misi Pengembalian Sampel Bulan Pertama China Ditargetkan Meluncur pada Mei 2024

Chang’e-6 diperkirakan akan menjalankan misi selama 53 hari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Para insinyur yang bekerja pada misi Chang’e-6 China telah melewatkan reuni keluarga selama Tahun Baru Imlek untuk membantu menyiapkan pesawat luar angkasa untuk diluncurkan.
Foto: Zhang Liyun/Xinhua via AP
Para insinyur yang bekerja pada misi Chang’e-6 China telah melewatkan reuni keluarga selama Tahun Baru Imlek untuk membantu menyiapkan pesawat luar angkasa untuk diluncurkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para insinyur yang bekerja pada misi Chang’e-6 China telah melewatkan reuni keluarga selama Tahun Baru Imlek untuk membantu menyiapkan pesawat luar angkasa untuk diluncurkan. Komponen-komponen misi pengembalian sampel bulan Chang’e-6 yang kompleks tiba di pelabuhan antariksa Wenchang di Pulau Hainan, China pada awal Januari. 

Di sana, tim insinyur dan para peneliti, yang sebagian besar memiliki pengalaman luas dalam misi Chang'e-5 tahun 2020, secara intensif menguji dan menyesuaikan peralatan tersebut, menurut laporan China Central Television (CCTV). Misi ini akan melakukan upaya pertama dalam mengumpulkan material dari sisi jauh bulan dan mengirimkannya ke Bumi untuk dianalisis. Peluncurannya direncanakan sekitar bulan Mei. 

Baca Juga

Zhang Yang, insinyur pelaksana Chang’e-6, mengatakan bahwa Festival Musim Semi, sebutan Tahun Baru Imlek di China, adalah periode kritis untuk misi tersebut. 

“Kita harus memastikan bahwa roket riset dalam kondisi baik, dan setiap langkah yang kita ambil terjamin kualitasnya,” kata Zhang, dilansir Space, Senin (19/2/2024). 

Karena perjalanan pulang untuk bertemu keluarga tidak memungkinkan, anggota tim bertemu dengan orang-orang terkasih dari jarak jauh. 

“Ini adalah pertama kalinya saya tidak merayakan Festival Musim Semi bersama keluarga saya, dan saya berharap semua anggota keluarga saya tetap sehat di Tahun Naga,” ujar Zhu Rongkuan, seorang insinyur muda di tim tersebut. 

Chang’e-6 diperkirakan akan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement