Rabu 05 Jan 2022 17:40 WIB

Apa Saja Sih yang Google Tahu tentang Kita?

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Google mengumpulkan terlalu banyak data.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Foto:

Cara mencegah Google mengumpulkan data Anda     

Cara ekstrem untuk membatasi atau menghentikan Google mengumpulkan data Anda adalah dengan berhenti menggunakan produk dan layanan mereka. Anda dapat beralih dari Android ke iPhone, menginstal browser Firefox dan mulai menggunakan DuckDuckGo atau WolframAlpha.

Namun, Anda tidak perlu terlalu drastis jika Anda menginginkan beberapa batasan dasar tentang seberapa banyak Google tahu tentang Anda. Dalam banyak kasus, Anda dapat memilih keluar dari Google yang menyimpan data tentang Anda.

1.Edit kontrol Aktivitas Google Anda.

Di antara hal-hal yang dapat Anda hentikan dari pelacakan Google adalah lokasi, aktivitas web dan aplikasi, informasi perangkat, aktivitas suara dan audio, serta riwayat penelusuran dan tontonan YouTube.

2.Anda juga dapat melakukan pemeriksaan Privasi dari akun Google Anda.

3.Google Analytics adalah layanan yang disediakan Google untuk membantu menganalisis pengunjung situs web. Anda dapat memilih keluar dari Google yang membagikan informasi Anda saat mengunjungi situs web yang menggunakan layanan ini.

4.Anda dapat menggunakan pengaturan hapus otomatis Google untuk menghapus riwayat pencarian Anda secara berkala. Anda akan menemukannya di bawah opsi “Aktivitas Web & Aplikasi.”

5.Anda dapat dengan cepat menghapus 15 menit terakhir dari riwayat pencarian tersimpan dengan menekan tombol di Google app.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement