Selasa 30 Nov 2021 20:08 WIB

Astronom Ungkap Misteri Komet Terbesar yang Pernah Ditemukan

komet adalah kumpulan debu dan es yang tersisa dari pembentukan tata surya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Komet. Ilustrasi. Ilmuwan mencari tahu tentang komet Bernardinelli-Bernstein (BB), komet terbesar yang pernah ditemukan.
Foto:

Ukuran komet BB dan jaraknya dari matahari menunjukkan es yang menguap membentuk koma didominasi oleh karbon monoksida. Karena karbon monoksida mungkin mulai menguap ketika jaraknya lima kali lebih jauh dari matahari dibandingkan komet BB ketika ditemukan, kemungkinan BB sudah aktif jauh sebelum diamati.

"Kami membuat asumsi bahwa komet BB mungkin aktif saat lebih jauh, tetapi kami tidak melihatnya sebelum ini. Apa yang belum kami ketahui adalah apakah ada titik batas di mana kami dapat mulai melihat hal-hal ini di penyimpanan dingin sebelum mereka menjadi aktif," kata Farnham.

Menurut Farnham, kemampuan untuk mengamati proses seperti pembentukan koma komet lebih jauh dari sebelumnya membuka pintu baru yang menarik bagi astronom.

 

"Ini baru permulaan. TESS sedang mengamati hal-hak yang belum ditemukan dan ini adalah semacam kasus uji apa yang kami temukan. Kami memiliki potensi untuk melakukan banyak hal, begitu sebuah komet terlihat, kembali ke masa lalu di dalam foto dan menemukannya saat merrka berada di jarak yang lebih jauh dari matahari," kata Farnham. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement