Rabu 24 Nov 2021 13:24 WIB

Mengenal WhatsApp Mod dan Risiko Menggunakannya

Penggunaan WhatsApp Mod menimbulkan risiko keamanan bagi penggunanya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto:

Apa yang ditawarkan WhatsApp mod?

Beberapa mod meningkatkan fungsionalitas ke APK lain yang sudah dimodifikasi, seperti halnya NS WhatsApp. Aplikasi ini membawa sumber daya ekstra untuk yang sudah dieksplorasi oleh GB WhatsApp, memungkinkan, antara lain, kustomisasi dan personalisasi yang lebih besar, termasuk dukungan untuk efek 3D.

JT WhatsApp menawarkan platform yang mampu menghindari larangan oleh utusan resmi. Pernyataan tersebut, bagaimanapun, tidak dapat dikonfirmasi, karena semua modifikasi tidak resmi dan melanggar syarat dan ketentuan penggunaan WhatsApp.

Apa risikonya?

Bahaya mengunduh versi WhatsApp tidak resmi cukup parah. Modifikasi dapat menimbulkan risiko pada ponsel karena perlu menonaktifkan pengaturan keamanan yang disertakan dengan perangkat dan mengizinkan pemasangan “aplikasi tidak dikenal”.

Selain itu, tidak ada cara untuk memastikan APK ini menawarkan enkripsi percakapan atau pesan yang dikirim tidak melewati server pihak ketiga sebelum mencapai penerima. Ini dapat membahayakan keamanan, bahkan memfasilitasi kebocoran informasi perorangan dan pribadi.

Karena aplikasi tidak di-hosting di toko resmi, juga tidak mungkin untuk menjamin keaslian atau memvalidasi praktik keamanan yang dilakukan oleh mereka. Ini berarti bahwa dengan memberikan izin untuk penggunaan seperti akses kamera dan mikrofon, Anda mungkin mengizinkan APK untuk melihat Anda dan mengakses sumber daya perangkat keras tanpa sepengetahuan Anda.

Baca juga : Sssttt... Ini 3 Cara Melihat Instagram Story tanpa Akun

Apa kata WhatsApp soal WhatsApp mod?

Selain risiko yang disajikan sebelumnya, WhatsApp juga dapat secara definitif melarang pengguna yang menggunakan versi aplikasi yang dimodifikasi, karena penggunaan mod dilarang oleh aplikasi. Jadi, jika Anda menggunakan messenger yang dimodifikasi, yang ideal untuk menghindari pemblokiran permanen akun Anda adalah dengan bermigrasi ke layanan resmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement