Senin 08 Apr 2024 15:56 WIB

WhatsApp Versi Beta Luncurkan Tampilan Tanpa Warna

Bilah atas sekarang menampilkan logo WhatsApp berwarna hijau di sisi kiri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Tampilan baru Whatsapp.
Foto: Antara
Tampilan baru Whatsapp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah menjadi pemimpin dalam bidang perpesanan selama sekitar satu dekade ini. Banyak pengguna berkomentar bahwa aplikasi perpesanan lain seperti Telegram atau Signal, tidak memiliki fitur selengkap WhatsApp.

Namun pada tahun lalu, pengembang Meta telah meningkatkan kecepatannya secara signifikan, mengejar penambahan termasuk komunitas, saluran siaran, dan pembaruan status yang kaya fitur. Sekarang, muncul perubahan UI diluncurkan ke penguji beta, memperlihatkan bahwa WhatsApp juga ingin mengejar ketertinggalan visual.

Baca Juga

WhatsApp belum terlalu sering memperbarui UI-nya, dan sebagian besar pembaruan berfokus pada memberi ruang bagi fitur-fitur baru. Namun, pembaruan terkini seperti transisi ke bilah navigasi bawah yang dapat digesek, tampaknya lebih berfokus pada estetika daripada fungsionalitas, dan itu mungkin bukan hal yang sepenuhnya buruk.

Meta telah menguji bilah tab bawah selama lebih dari setahun, sebelum akhirnya memberikan gambaran desain baru kepada pengguna saluran stabil. Ketika bilah bawah baru diluncurkan pada saluran stabil pekan lalu, pengguna banyak yang merasa kecewa karena bilah pencarian baru yang ada di mana-mana ini tertutup oleh bilah atas berwarna hijau pada aplikasi dengan ikon di sebelah kanan dan logo WhatsApp putih di sebelah kiri.

Namun, melansir Android Police, Senin (8/4/2024), pada versi beta 2.24.6.77, yang bukan versi terbaru, tampak bilah atas hari ini Senin (8/4/2024) berubah menjadi putih, membuat kolom pencarian terlihat jelas.

Bilah atas sekarang menampilkan logo WhatsApp berwarna hijau di sisi kiri, dengan pintasan kamera dan tombol menu tambahan tiga titik rata masih di sebelah kanan seperti sebelumnya. Perubahan ini membantu bilah atas dan bawah terlihat seperti komponen UI yang kohesif, berbagi warna latar belakang dengan latar belakang daftar obrolan, bahkan dalam mode gelap.

Editor Google AP, Manuel Vonau, juga memperhatikan hal yang sama setelah menghentikan paksa dan memulai ulang aplikasi versi beta terbaru, yang mengindikasikan bahwa WhatsApp meluncurkan perubahan ini secara luas, setidaknya untuk penguji beta.

Manuel juga memperhatikan fitur beta lama seperti ikon di menu tambahan kini tersedia secara konsisten. Karena desain bilah bawah yang baru sudah bersifat publik, maka pengguna dapat segera melihat desain bilah atas yang baru di saluran stabil, lalu menyelesaikan transisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement