Kamis 25 Apr 2024 13:13 WIB

WhatsApp Hadirkan Opsi Login tanpa Password untuk iOS

Fitur passkey sudah terlebih dahulu diluncurkan untuk aplikasi WhatsApp versi android

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Tampilan baru Whatsapp (ilustrasi).
Foto: Freepik
Tampilan baru Whatsapp (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meta kini menghadirkan opsi login dengan passkey untuk pengguna iOS. Dengan fitur ini, pengguna iOS tak lagi memerlukan password untuk masuk ke dalam akun WhatsApp. Sebagai pengganti password, pengguna iOS bisa menggunakan biometrik (Face ID dan Touch ID) atau PIN ponsel untuk melakukan login.

"Passkey sudah dihadirkan di iOS sekarang, sebuah cara untuk login yang lebih aman (dan mudah!) dengan Face ID, Touch ID, atau PIN ponsel Anda," ungkap akun resmi WhatsApp di X, seperti dilansir The Verge pada Kamis (25/4/2024).

Passkey merupakan sebuah opsi autentikasi baru yang dihasilkan dengan menggunakan teknik cryptographic. Dengan passkey, pengguna tidak akan memerlukan password untuk melakukan login ke sebuah akun. Sebagai pengganti password, pengguna bisa melakukan login dengan menggunakan biometrik atau PIN ponsel.

Metode autentikasi dengan passkey digadang akan menjadi tren autentikasi di masa depan. Bahkan, metode ini diyakini akan menggantikan metode autentikasi dengan password dan autentikasi dua faktor.

Hal ini bisa terjadi karena metode autentikasi dengan passkey menawarkan sejumlah keunggulan. Salah satu di antaranya adalah keunggulan dalam hal keamanan. Menurut Dashlane, metode autentikasi dengan passkey dinilai lebih aman karena kebal terhadap phishing dan lebih sulit untuk ditebak oleh peretas.

Keunggulan lainnya, pengguna tak perlu mengingat passkey untuk melakukan login ke suatu akun atau aplikasi. Alasannya, setengah dari passkey sudah tersimpan di dalam gawai atau di dalam password manager dan setengah passkey lainnya berada di website atau aplikasi.

Fitur passkey sudah terlebih dahulu diluncurkan oleh Meta untuk aplikasi WhatsApp versi Android, pada Oktober 2023. Kini, Meta juga akan menghadirkan fitur serupa untuk menunjang keamanan para pengguna WhatsApp versi iOS.

"Jadi bila Anda (pengguna iOS) belum melihat fitur ini sekarang, teruslah mengecek," tutur Juru Bicara WhatsApp, Zade Alsawah.

Ada cara mudah untuk mengecek keberadaan fitur login dengan passkey untuk WhatsApp versi iOS. Pengguna gawai iOS cukup membuka WhatsApp, pilih Setting atau Setelan, pilih Account atau Akun, lalu pilih Passkeys atau Kunci sandi.

Alsaweh menambahkan, pengguna masih tetap harus melakukan pemindaian kode QR untuk masuk ke dalam akun WhatsApp melalui gawai-gawai lain yang terhubung dengan akun tersebut. Sebagai contoh, ketika pengguna ingin melakukan login melalui laptop atau komputer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement