Jumat 19 Nov 2021 06:02 WIB

Berkenalan dengan 4 Ilmuwan Penerima Habibie Prize 2021

Empat ilmuwan mendapat anugerah Habibie Prize

Garuda Wisnu Kencana yang didesain oleh Nyoman Nuarta, salah satu penerima Habibie Prize 2021.
Foto:

Nicolaas Cyrillus Budhiparama

Setelah lulus sebagai dokter umum dari Universitas Sumatera Utara, Nicolaas Cyrillus Budhiparama melanjutkan pendidikan spesialis ortopedi di Universitas Leiden Medical School di Belanda. Dia lulus sebagai lulusan termuda pada 1993.

Penerima Habibie Prize 2021 itu adalah dokter bedah di Indonesia yang memperkenalkan limb salvage surgery, suatu tonggak sejarah penting karena memberikan harapan dan kualitas hidup yang lebih baik pada para pasien dengan tumor tulang.

Dia juga memperkenalkan teknik-teknik operasi lainnya seperti computer assisted surgery dan unicondylar arthoplasty. Nicolaas mengharumkan nama Indonesia dengan ikut menjadi pembicara dan moderator di berbagai pertemuan ortopedi bergengsi di dunia.

Ia juga mendedikasikan dirinya dalam berbagai organisasi di dunia. Hal itu terus dilakukannya untuk menjembatani dokter-dokter di Indonesia untuk bisa berkiprah di level internasional.

Nicolaas Institute of Constructive Orthopaedic Research and Education Foundation didirikannya agar dapat mewadahi dan memotivasi para dokter Indonesia untuk bisa terhubung ke dunia internasional. Ia ingin dokter-dokter muda Indonesia mendapatkan kesempatan luas untuk memiliki wawasan, ilmu dan pengalaman di level global.

 

Nicolaas mengharapkan generasi penerus di Indonesia menjadi generasi yang berani mencoba melakukan terobosan, berkompetisi dan keluar dari zona nyaman."Think big, dream big (berpikir besar, bermimpi besar), cita-cita ini harus diwujudkan dengan kerja keras dan menjunjung tinggi etika yang baik," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement