Jumat 19 Nov 2021 06:02 WIB

Berkenalan dengan 4 Ilmuwan Penerima Habibie Prize 2021

Empat ilmuwan mendapat anugerah Habibie Prize

Garuda Wisnu Kencana yang didesain oleh Nyoman Nuarta, salah satu penerima Habibie Prize 2021.
Foto:

Prof. Dr. Ir. Subagjo, DEA 

Prof. Dr. Ir. Subagjo, DEA merupakan seorang peneliti, pencetus, perancang dan pemimpin tim peneliti dalam bidang teknologi katalis, yang ingin mewujudkan Indonesia menjadi mandiri dalam teknologi katalis. Setelah lulus sarjana dari Institut Teknologi Bandung, Subagjo mengambil pendidikan lanjutan di Universite de Poitiers di Prancis.

Berkarya dalam bidang teknologi katalis, ia bersama tim menghasilkan produk inovasi dan memenangkan penghargaan anugerah Adibrata sebagai juara pertama pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018.

Dengan teknologi katalisnya, ia berharap dapat mengurangi impor minyak mentah dan bahan bakar minyak serta menciptakan ketahanan energi. Subagjo juga membawa Indonesia satu langkah lebih mandiri dalam bidang teknologi proses dengan merencanakan perusahaan patungan untuk mengelola industri katalis. Perusahaan itu direncanakan beroperasi secara komersial pada 2024.

Hasil temuannya menginspirasi banyak sekali pihak untuk memberdayakan sumber daya alam Indonesia untuk kemajuan bangsa dengan memanfaatkan kemampuan sendiri. Katalis sangat diperlukan untuk mempercepat reaksi kimia dalam menghasilkan bahan bakar nabati seperti biodiesel.

Dampak lain dari produk katalis hasil pengembangan Subagjo bersama tim dan mitra industri adalah memberi peluang meningkatkan kesejahteraan petani sawit swadaya Indonesia yang mencapai 37 juta kepala keluarga.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement