Kamis 28 Oct 2021 07:44 WIB

Ilmuwan Usulkan Cara Buat Bahan Bakar Roket di Mars

Bahan bakar roket mungkin bisa dibuat menggunakan bakteri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto:

 

Meskipun 2,3-butanediol adalah bahan bakar roket yang lebih lemah daripada metana dan oksigen cair, gravitasi di Mars hanya sepertiga dari apa yang dirasakan di Bumi.

“Anda membutuhkan lebih sedikit energi untuk lepas landas di Mars, yang memberi kami fleksibilitas untuk mempertimbangkan bahan kimia berbeda yang tidak dirancang untuk peluncuran roket di Bumi,” kata Peralta-Yahya dalam sebuah pernyataan. “Kami mulai mempertimbangkan cara memanfaatkan gravitasi planet yang lebih rendah dan kekurangan oksigen menciptakan solusi yang tidak relevan untuk peluncuran ke Bumi,” ujarnya lagi.

Strategi ini juga membutuhkan enzim yang dikirim ke Mars untuk mencerna cyanobacteria dan membebaskan gula mereka. Teknik pemisahan industri juga diperlukan untuk mengekstrak 2,3-butanediol dari kaldu fermentasi E.coli.

Para peneliti membayangkan pabrik bahan bakar roket seukuran empat lapangan sepak bola. Mereka memperkirakan metode mereka akan menggunakan daya 32 persen lebih sedikit daripada strategi yang melibatkan pengiriman metana dari Bumi dan juga menghasilkan 44 ton oksigen berlebih untuk mendukung kru manusia. Namun, beratnya akan tiga kali lipat.

Para ilmuwan mencatat mereka dapat lebih mengoptimalkan metode mereka, seperti dengan meningkatkan produktivitas mikroba, sehingga akan menggunakan daya 59 persen lebih sedikit daripada strategi yang melibatkan pengiriman metana dari Bumi dan mengurangi berat 13 persen, sambil tetap menghasilkan kelebihan oksigen 20 ton.

 

“Mengingat keuntungan berbeda yang diberikan proses biologis, seperti pembentukan oksigen berlebih untuk pembentukan koloni, kita harus mulai berpikir tentang bagaimana merekayasa mikroba untuk penggunaan yang aman di Mars,” kata Peralta-Yahya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement