Jumat 22 Oct 2021 04:35 WIB

Ilmuwan Selidiki Hilangnya Atmosfer Planet Misterius

Astronom mendeteksi bukti bahwa atmosfer planet bisa hilang karena benturan raksasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi planet.
Foto:

 

 

Dalam studi baru, para astronom menyelidiki gas apa yang mengelilingi bintang itu. Mereka menganalisis data dari Atacama Large Millimeter Array (ALMA) di Chili, dengan fokus pada tanda-tanda karbon monoksida.

 

"Ketika orang ingin mempelajari gas dalam cakram puing, karbon monoksida biasanya yang paling terang, dan dengan demikian paling mudah ditemukan. Jadi, kami melihat data karbon monoksida untuk HD 172555 lagi karena ini adalah sistem yang menarik," kata Schneiderman.

 

Para ilmuwan mampu mendeteksi karbon monoksida di sekitar bintang. Ketika mereka mengukur kelimpahannya, mereka menemukan bahwa gas di sekitar HD 172555 setara dengan 20 persen karbon monoksida yang ditemukan di atmosfer  Venus. 

 

Mereka juga melihat bahwa itu berputar-putar dalam jumlah besar secara mengejutkan di dekat bintang sekitar 7,5 unit astronomi (AU), atau 7,5 kali jarak rata-rata antara Bumi dan matahari.

 

Kehadiran karbon monoksida yang begitu dekat dengan bintang merupakan misteri karena molekul tersebut biasanya rentan terhadap fotodisosiasi, sebuah proses di mana foton (atau partikel cahaya) memecah dan menghancurkan bahan kimia. Biasanya ada sangat sedikit karbon monoksida di dekat bintang, membuat para peneliti menganalisis berbagai skenario untuk menjelaskan keberadaannya di sekitar HD 172555.

 

Para ilmuwan dengan cepat mengesampingkan skenario di mana karbon monoksida muncul dari puing-puing bintang yang baru terbentuk. Pekerjaan sebelumnya menyarankan karbon monoksida hampir tidak akan bertahan lebih dari 3 juta tahun pertama kehidupan bintang, apalagi usia HD 172555 23 juta tahun.

 

Ketika para peneliti memeriksa skenario lain di mana karbon monoksida dipancarkan oleh banyak komet es yang melesat dari sabuk asteroid jauh (mirip dengan Sabuk Kuiper tata surya) mereka menemukan itu tidak dapat menjelaskan mineral yang terlihat dalam debu.

 

Skenario yang menurut para astronom paling baik menjelaskan semua data adalah benturan raksasa antara protoplanet. Benturannya akan memberikan energi ke atmosfer, yang mengakibatkan atmosfer memanas. Saat memanas, atmosfer menjadi lebih mudah untuk dihilangkan.

 

Ia menjelaskan, dalam sistem planet semuda HD 172555, para astronom memperkirakan benturan raksasa cukup umum. Para peneliti memperkirakan karbon monoksida berasal dari dampak raksasa setidaknya 200 ribu tahun yang lalu, cukup baru bagi bintang untuk tidak memiliki cukup waktu untuk menghancurkan gas sepenuhnya. 

 

Berdasarkan kelimpahan gas, mereka menyarankan tabrakan terjadi antara dua benda besar, kemungkinan protoplanet yang ukurannya sebanding dengan Bumi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement