Sabtu 16 Oct 2021 18:36 WIB

4 Cara Tingkatkan Keamanan MacBook

MacBook tidak aman dari ancaman virus atau malware.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi MacBook
Foto:

Ubah pengaturan keamanan aplikasi

Secara resmi, Apple mencatat bahwa tempat teraman mendapatkan aplikasi untuk MacBook Anda adalah dari App Store. Semua aplikasi yang terdaftar di toko ditinjau oleh Apple untuk memastikan tidak ada malware, virus atau hal lain yang dapat merusak Mac Anda.

Tentu saja, ada saatnya Anda perlu mengunduh perangkat lunak tambahan dari web yang tidak ada di App Store (seperti Chrome atau Photoshop). Jadi Apple telah mengatur Pengaturan Keamanan dan Privasi untuk mengizinkan App Store, juga sebagai Pengembang teridentifikasi, secara default.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin Mac Anda super aman, Anda dapat mengubah pengaturan ke App Store saja. Setelah Anda berada pada titik di mana Anda yakin tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, ini memastikan bahwa sesuatu dari unduhan Anda tidak akan menyelinap ke sistem dan membajak Mac tanpa Anda sadari.

Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan membuka Apple Menu dan memilih System Preferences > Security and Privacy > General, lalu menggulir ke bawah ke Allowed apps downloaded from. 

Di bagian ini, Anda dapat beralih sehingga hanya aplikasi dari App Store yang akan mengunduh. Anda juga dapat mengunjungi halaman ini untuk memberikan pengecualian pada beberapa aplikasi melalui tombol Open Anyway sesuai keinginan Anda.

Selalu jaga komputer Anda terkunci saat Anda pergi

Anda dapat mengatur Mac untuk keluar saat tidak digunakan dengan membuka Apple Menu, lalu memilih System Preferences > Security and Privacy. Dari sana, klik  Advanced, lalu Log out after ... minutes of inactivity. 

 

Anda bisa memilih menggunakan password untuk membuka kembali komputer Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement