Senin 13 Sep 2021 14:22 WIB

Sampel Batuan Mars Milik NASA Kuatkan Bukti Kehidupan Kuno

Sampel menunjukkan bahwa batuan telah bersentuhan dengan air.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars

Hal ini pada gilirannya dapat membantu para ilmuwan membangun gambaran tentang sejarah geologis daerah tersebut, seperti kapan kawah terbentuk, kapan danau muncul dan menghilang, dan bagaimana iklim berubah dari waktu ke waktu.
 
"Hal yang menarik tentang batuan ini juga adalah bahwa mereka menunjukkan tanda-tanda interaksi berkelanjutan dengan air tanah," kata ahli geologi NASA Katie Stack Morgan.
 
Para ilmuwan sudah tahu bahwa kawah itu adalah rumah bagi sebuah danau. Namun, mereka tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa itu telah menjadi 'kilatan dalam panci' dengan air banjir mengisi kawah hanya selama 50 tahun. Sekarang mereka lebih yakin air tanah hadir lebih lama.
 
"Jika batuan ini mengalami air untuk jangka waktu yang lama, mungkin ada relung yang dapat dihuni di dalam batuan ini yang dapat mendukung kehidupan mikroba purba," tambah Stack Morgan.
 
Mineral garam di inti batuan mungkin telah menjebak gelembung kecil air Mars purba. Garam adalah mineral yang bagus untuk melestarikan tanda-tanda kehidupan purba di Bumi, dan para peneliti berharap hal yang sama berlaku untuk batuan di Mars.
 

 

NASA berharap untuk mengembalikan sampel ke Bumi untuk analisis laboratorium mendalam dalam misi bersama dengan Badan Antariksa Eropa sekitar tahun 2030-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement