Senin 06 Sep 2021 04:50 WIB

5 Tempat Temukan Air di Tata Surya Selain di Bumi

Selain di Bumi, air bisa ditemukan di planet atau benda lain di Tata Surya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Air terpantau di lapisan kutub Planet Mars
Foto:

3.Ganymede

Ganymede adalah bulan lain dari Jupiter dan objek terbesar kesembilan di Tata Surya, lebih besar dari Merkurius dan Pluto. Ia dikenal sebagai satu-satunya bulan di Tata Surya dengan medan magnet yang membantu menunjukkan bahwa ia memiliki lautan besar di bawah permukaan esnya.

photo
Pesawat ruang angkasa Juno dari Badan Antariksa Amerika (NASA) mengirim dua gambar close-up atau teknik pengambilan jarak dekat dari bulan raskasa Jupiter yang dinamakan Ganymede. - (nasa)
 

Dengan mengamati gerakan medan magnet bulan yang sebagian disebabkan oleh interaksinya dengan Jupiter, para astronom mencatat perubahan halus yang mengindikasikan keberadaan lautan air asin yang besar. Lautan ini diperkirakan berada di bawah lapisan es setebal 150 kilometer dan kedalamannya mencapai 100 kilometer. Seperti Europa, ia juga bisa memiliki lebih banyak air di dalamnya daripada semua lautan di Bumi.

Pengamatan yang lebih baru telah mengonfirmasi keberadaan uap air di atmosfer tipis bulan, kemungkinan disebabkan oleh sublimasi dari air es di permukaan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement