Jumat 20 Aug 2021 18:27 WIB

3200 Phaethon, Asteroid Aneh yang Seperti Komet

3200 Phaethon mengandung natrium, jika dekat matahari menghasilkan efek hujan meteor.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Asteroid 3200 Phaethon menunjukkan reaksi aneh saat berada dekat matahari.
Foto:

Ekor Seperti Komet Asteroid Phaeton Terbuat dari Sodium Fizz

Ahli Caltech dan penulis utama studi Joseph Masiero mengatakan asteroid Phaethon adalah benda kosmik aneh, yang menunjukkan lebih banyak aktivitas saat mencapai titik terdekatnya dengan matahari. Karena itu, Masiero beranggapan bahwa tidak salah jika Phaethon adalah asteroid, dan juga sumber Geminid. Tidak adanya es dan adanya ekor gas berarti asteroid tersebut mengandung bahan kimia yang hampir ada di asteroid lain, yakni natrium.

Natrium menjadi alasan Phaethon mengeluarkan ekor gas saat berada di orbit terpanasnya. Natrium mengalami transisi berat ketika dalam ruang hampa. Ketika dicocokkan dengan suhu rendah, natrium berubah menjadi fase gasnya, dan setiap natrium yang ada di permukaan asteroid Phaethon pasti sudah mendidih dan menghilang.

Kunci mengapa Phaethon masih menunjukkan ekor gasnya adalah karena natrium yang tersisa telah terkunci di dalam tubuh asteroid. Temuan dari Phaethon diterbitkan dalam The Planetary Science Journal berjudul Volatility of Sodium in Carbonaceous Chondrites at Temperatures Consistent with Low-perihelion Asteroids.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement