Senin 14 Jun 2021 15:14 WIB

Danxia, Bukit Pelangi Mirip Mars di Tengah Gurun Gobi

Bagian tertinggi puncak bukit pelangi Danxia berwarna keemasan.

 

Danxia yang telah ditetapkan sebagai geopark oleh Unesco pada tahun 2020 itu lokasinya tidak jauh dari pusat kota, tidak lebih dari 30 kilometer.

Meskipun berbukit, medannya tidak sulit. Bahkan sejak memasuki kawasan taman bumi itu mata sudah dimanjakan oleh pemandangan alam yang tiada duanya di China itu.

Mei hingga Agustus merupakan saat terbaik untuk mengunjungi Danxia. Apalagi kalau cuaca cerah, Danxia bagaikan lukisan hidup di depan pelupuk mata.Namun di antara perbukitan pelangi Danxia ada satu bukit yang menarik perhatian.Lokasi ini ternyata tidak dibuka untuk umum.

Di mana Danxia?

Jarak Zhanghye dari Ibu Kota Provinsi Gansu di Lanzhou sekitar 450 kilometer. Kereta cepat butuh waktu hampir empat jam untuk menghubungkan kedua kota itu. Itu pun harus memutar melintasi wilayah Provinsi Qinghai.

Kota ini berada di koridor Hexi, Gurun Gobi, yang berbatasan dengan Mongolia Dalam di utara dan Qinghai di sebelah selatan. Penduduknya relatif beragam etnis.

Ada etnis Muslim Hui, Tibetan, dan Mongol, selain Han sendiri yang memang mayoritas di daratan Tiongkok. Letaknya juga strategis karena berada di perlintasan Jalur Sutera Kuno dari Chang'an menuju beberapa negara di Eropa.

Chang'an adalah nama lain kota Xi'an yang dahulu kala pernah menjadi ibu kota China pada zaman dahulu kala. Namun secara ekonomi Zhangye kalah menjanjikan dengan daerah-daerah tingkat dua lainnya di China.

 

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement