Kamis 13 May 2021 04:28 WIB

Perlunya Memantau Kualitas Tidur

Tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Bangun tidur (ilustrasi)
Foto:

Memantau pernapasan saat tidur

Pernapasan yang baik akan membawa kualitas tidur yang baik pula. Ketika tertidur, sistem pernapasan dapat dilacak lebih baik karena kita tidak terlalu banyak menggerakan tubuh. Dengan memantau pernapasan saat tidur, Anda bisa melihat rata-rata tingkat pernapasan setiap menitnya.

Pemantauan pernapasan saat terbangun juga tidak kalah penting, terlebih ketika memberikan indikasi terhadap kondisi kesehatanmu. Meski bukan alat medis yang diakui sebagai alat ukur kesehatan atau acuan data saat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, Garmin adalah perangkat yang dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan. Dengan begitu, ketika Anda menyadari adanya gejala yang timbul bisa melakukan tindakan pencegahan lebih dini.

Mengukur saturasi oksigen pada darah

Pemantauan saturasi oksigen pada darah atau SpO2 seringkali dibutuhkan oleh pendaki gunung atau penyelam. Namun, memantau SpO2 juga penting untuk masyarakat di berbagai kalangan.

SpO2 membantu untuk mengetahui seberapa baik kinerja jantung dalam memonitor dan memperbaiki kesehatan secara menyeluruh. Bahkan di tengah pandemi saat ini, penurunan SpO2 menjadi salah satu gejala penderita COVID-19 yang tidak bisa dirasakan secara langsung.

Dengan bantuan perangkat canggih, setiap pagi kita dapat mengetahui seberapa berkualitas tidur yang kita rasakan di malam sebelumnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement