Rabu 17 Mar 2021 18:08 WIB

Riset Terbaru Duga Sisa Air Terjebak di Kerak Planet Mars

Sebagian besar air di Mars kini tersimpan sebagai molekul di kerak planet tersebut.

Air terpantau di lapisan kutub Planet Mars
Foto:

Simulasi dari penelitian menunjukkan bahwa kerak Mars menyimpan air setara dengan air lautan yang pernah menutupi Mars dengan kedalaman antara 100 dan 1.000 meter. Volume air sebanyak itu, untuk ukuran Bumi, sama dengan tiga perempat volume air Samudra Atlantik.

Meski Dr Eva mengakui volume ini sangat besar, namun tim peneliti menyatakan hal ini lebih cocok dengan perkiraan dari geologi yang mereka teliti.

Selain itu, perkiraan ini juga cocok dengan apa yang dikenal sebagai rasio deuterium-ke-hidrogen planet.

Deuterium adalah versi hidrogen yang lebih berat. Unsur ini memiliki neutron ekstra di dalam nukleusnya, sehingga kecil kemungkinannya untuk lepas ke luar angkasa.

Seiring waktu, dengan berkurangnya hidrogen yang lebih ringan di atmosfer, jumlah deuterium terhadap hidrogen pun meningkat.

Misi penjelajah NASA Curiosity telah menemukan rasio deuterium-ke-hidrogen Mars jauh lebih tinggi daripada yang ada di Bumi.

"Kami menunjukkan dalam penelitian ini bahwa kombinasi hilangnya air karena penyerapan ke kerak planet dan hilangnya air ke luar angkasa memperkuat hal itu," kata Dr Eva Scheller.

Menanggapi hasil penelitian ini, Dr Graziella Caprarelli dari University of Southern Queensland menyatakan pemodelan yang dilakukan sangat mengesankan. Namun penelitian ini, katanya, didasarkan atas premis bahwa Mars pernah memiliki kandungan air lebih banyak daripada saat ini. Dan jika air itu tak ditemukan sekarang, maka dipastikan telah terjebak di kerak planet.

"Memang banyak bukti bahwa Mars pada awalnya lebih basah. Saya tidak membantahnya. Tapi seberapa basah planet itu di masa silam?" ujarnya.

"Pendekatan saya mungkin mengambil kisaran volume air yang lebih rendah," kata Dr Graziella, yang turut mengidentifikasi danau bawah permukaan di kutub selatan Planet Mars.

Tidak semua mineral di perut planet yang memerangkap air memeiliki kemampuan yang sama. Beberapa mineral bisa menyerap 13 persen air, sementara yang lain hingga 30 persen.

Adapun kemampuan mineral-mineral di bawah permukaan Mars dalam menyerap air, umumnya masih misterius.

 

sumber : ABC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement