Rabu 17 Feb 2021 11:03 WIB

Mesin Ramanujan Ungkap Pola Tersembunyi dari Angka

Mesin Ramanujan dilengkapi kecerdasan buatan untuk menyelesaikan persamaan matematika

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Matematika (Ilustrasi)
Foto:

Upaya Lanjutan

Dengan hasil temuan mereka dari AI tersebut, para peneliti kini telah melaporkan hasil penelitiannya pada 3 Februari di jurnal Nature. Mereka, juga telah membuat situs web, RamanujanMachine.com, untuk membagikan dugaan yang dihasilkan algoritma dan mengumpulkan percobaan bukti dari siapa pun yang ingin mencoba menemukan teorema baru.

Untuk dapat digunakan lebih lanjut, para pengguna dapat mengunduh kode dalam menjalankan pencarian mereka sendiri untuk dugaan, atau membiarkan mesin menggunakan ruang pemrosesan cadangan mereka di komputer mereka sendiri dalam pencarian mandiri. Sebagian dari tujuannya, kata Hadad, adalah membuat orang awam untuk lebih terlibat dalam dunia matematika.

Dengan adanya mesin tersebut, para peneliti berharap mesin itu bisa membantu mengubah bagaimana cara matematika dilakukan. Hadad menambahkan, saat ini memang sulit untuk mengatakan bagaimana kemajuan dalam teori bilangan akan diterjemahkan ke aplikasi dunia nyata.

"Tetapi sejauh ini, algoritma telah membantu mengungkap ukuran irasionalitas yang lebih baik untuk konstanta Catalan, bilangan yang dilambangkan dengan G yang memiliki setidaknya 600 ribu digit, meskipun mungkin bukan bilangan irasional,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement