Senin 15 Apr 2024 08:01 WIB

Eksperimen Meta WhatsApp Kini Tersedia untuk Lebih Banyak Pengguna 

Whatsapp lebih lamban dalam mengadopsi fitur-fitur AI.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Logo aplikasi Whatsapp.
Foto: GadgetsNow
Logo aplikasi Whatsapp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti perusahaan teknologi modern lainnya, Meta juga terjun lebih dulu ke arena kecerdasan Buatan (AI) dengan meluncurkan chatbot AI-nya pada September lalu. Pada saat itu, Android Police juga mengetahui bahwa elemen AI akan masuk ke dalam produk-produknya, seperti WhatsApp, Instagram, Messenger, dan lain-lain. 

Meskipun Android Police telah melihat elemen-elemen AI masuk ke Messenger dan Instagram, WhatsApp agak lambat dalam mengambil fitur-fitur. Namun hal itu bisa berubah dalam waktu dekat karena aplikasi perpesanan kini memperluas integrasi bilah pencarian Meta AI ke lebih banyak pengguna. 

Baca Juga

Android Police melihat sekilas integrasi AI generatif WhatsApp pada November. Kemudian pembaruan beta terbaru WhatsApp untuk Android menghadirkan chatbot AI ke bilah pencarian aplikasi. Menurut laporan WABetainfo, dilansir Android Police, Ahad (14/4/2024), integrasi Meta AI dalam bilah pencarian pada awalnya terbatas pada wilayah-wilayah tertentu, namun WhatsApp kini memperluas eksperimen tersebut ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia. 

Menariknya, eksperimen tersebut tampaknya berlaku untuk para pengguna iOS dan Android, dan publikasinya tidak menentukan versi aplikasi tertentu yang memungkinkan hal ini. Meskipun WABetaInfo hanya dapat memperoleh tangkapan layar dari versi iOS, Android Police telah melihat sekilas bilah pencarian yang diperbarui ini di Android, berkat pembaruan beta bulan lalu. 

Seperti yang Anda lihat di atas, para pengguna juga dapat mengakses Meta AI di WhatsApp dengan mengetuk ikon khusus di kanan atas tab Obrolan. Saat ini masih belum jelas apakah WhatsApp akan terus menawarkan Meta AI baik melalui bilah pencarian maupun ikon pada rilis-rilis berikutnya. 

Meskipun bilah pencarian dilengkapi Meta AI, fungsi pencarian standar, seperti menemukan pesan, grup, atau kontak tertentu, akan terus berfungsi. WABetaInfo juga memberikan beberapa informasi tambahan tentang integrasi Meta AI, dengan mengatakan bahwa data tidak akan dibagikan ke server Meta kecuali pengguna mengajukan pertanyaan kepada chatbot. 

Selain itu, permintaan rekomendasi yang ditunjukkan oleh Meta AI dilaporkan dihasilkan secara acak, tanpa ada data pengguna yang dikumpulkan untuk menyesuaikan saran-saran ini. 

Whatsapp telah menguji....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement