Rabu 10 Feb 2021 03:50 WIB

Lindungi Akun Instagram dari Penipuan Berbasis Pesan Digital

Ada beberapa cara untuk mencegah penipuan lewat surel yang mengklaim dari Instagram.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Instagram. Ilustrasi
Foto:

Pesan biasanya juga mendorong untuk mengklik sebuah tautan, yang nantinya meminta pengguna memasukkan informasi pribadi akun seperti username dan password. Jika sudah sampai tahap ini, sudah pasti akun dengan mudah bakal diretas.

Supaya terhindar dari aksi tersebut, lakukan validasi kebenaran surel melalui fitur "Email from Instagram". Fitur keamanan ini dapat memastikan apakah surel yang diterima adalah email resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram atau palsu.

Jika surel yang diterima tercantum dalam daftar Email from Instagram, maka bisa dipastikan bahwa surel tersebut resmi.

Untuk mengakses fitur Email from Instagram, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

Buka "Settings" atau "Pengaturan" dengan menekan ikon tiga garis di sudut kanan atas profil Instagram. Selanjutnya, pilih "Security" atau "Keamanan". Langkah terakhir adalah memilih "Email from Instagram" atau "Email dari Instagram".

Jika mendapat email yang mengatasnamakan Facebook, bisa juga mengecek ‘Email terbaru dari Facebook’ di bagian Keamanan dan Login yang ada di Pengaturan Facebook. Sebagai langkah pengaman lain, nyalakan fitur "Autentikasi Dua Faktor".

Fitur itu membantu memberikan lapisan pelindung kepada akun Instagram dengan mengirimkan kode login khusus ke ponsel setiap kali ada yang mencoba mengakses Instagram dari perangkat tak dikenal. Apabila merasa ada yang tidak beres, segera ganti kata sandi.

 

Jika akun Instagram terlanjur diretas, pengguna dapat mengambil alih akun kembali dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada https://help.instagram.com/149494825257596.

Kunjungi https://help.instagram.com/ untuk mendapatkan tips lebih lanjut seputar privasi dan keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement