Kamis 07 Mar 2024 12:09 WIB

Pengguna Instagram Kini Bisa Edit DM, Tapi Ada Batas Waktunya

Pengguna bisa mengedit DM maksimal 15 menit setelah pesan dikirim.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Logo Baru Instagram
Foto: Phone Arena
Logo Baru Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram telah meluncurkan fitur baru untuk menyunting pesan langsung atau direct message (DM). Pembaruan ini sangat membantu pengguna, namun ada batas waktu untuk mengubah konten pesan, yakni hanya 15 menit setelah pesan dikirimkan.

Dikutip dari laman Engadget, Kamis (7/3/2024), setelah pengguna mengirim pesan langsung dan menyadari ada kesalahan seperti typo atau kata tertentu yang hendak diubah, tekan dan tahan pesan yang dikirim. Itu akan memunculkan menu, dan pilih opsi "edit". 

Baca Juga

Setelah membuat perubahan yang diperlukan, pesan sudah berganti seperti yang diinginkan. Apabila pihak yang dikirimi pesan belum membaca DM, maka dia tidak akan menyadari kesalahan yang ada, asalkan pengguna mengubahnya sebelum 15 menit berlalu.

Pembaruan ini merupakan hal yang cukup signifikan setelah fitur DM pertama kali dirilis Instagram pada 2013. Sebelum ini, jika pengguna hendak mengubah pesannya, biasanya mengirim koreksi secara manual di bawah pesan yang sudah dikirimkan.

Opsi pengeditan bukan satu-satunya pembaruan fitur Instgram terkini. Ada pembaruan lain pada DM, di mana pengguna dapat menyematkan hingga tiga DM favorit. Hal ini sangat berguna jika terjadi percakapan yang sedang berlangsung dan dapat dilakukan dengan obrolan satu lawan satu dan obrolan grup.  

Caranya, tahan tab percakapan, dan akan keluar menu, lantas ketuk "sematkan". Pembaruan ini juga mempermudah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tanda bahwa pesan telah dibaca, tergantung pada preferensi pribadi pengguna.

Sementara, fitur baru lainnya lebih bersifat estetik seperti tema DM baru dan penyertaan animasi unik. Terakhir, ada pembaruan yang menampilkan cara untuk menyimpan stiker favorit di DM agar mudah diakses. Caranya, tekan stiker dan stiker akan tetap ada saat akan mengaksesnya lagi.

Meta terus-menerus melakukan perubahan pada Instagram. Pada Januari 2024, perusahaan ini mulai menguji fitur yang memungkinkan pengguna mengakses grid foto sekunder yang hanya dapat dilihat oleh teman dekat. Akhir tahun lalu, Instagram memiliki template Story yang dapat disesuaikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement