Jumat 05 Feb 2021 23:12 WIB

Pemerintahan Biden Dukung Program Artemis NASA ke Bulan

Sempat beredar spekulasi program Artemis ke Bulan tak jadi prioritas oleh Joe Biden.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.
Foto:

Tahun 2024 diragukan karena kekurangan dana untuk elemen pendaratan, yang akan membawa astronot dari orbit bulan ke permukaan.

NASA telah meminta 3,3 miliar dolar AS untuk mendanai Sistem Pendaratan Manusia (HLS) pada tahun 2021, tetapi hanya menerima 850 juta dolar AS, yang kemungkinan akan berdampak pada pengembangan program.

Elemen lain dari arsitektur Artemis Moon adalah pesawat ruang angkasa Orion dan roket Space Launch System (SLS).

Kapsul Orion dan modul servis yang akan digunakan pada misi Artemis pertama adalah sebuah loop yang tidak berawak di sekitar Bulan. Baru-baru ini keduanya tiba di Kennedy Space Center di Florida menjelang peluncuran yang masih dijadwalkan pada akhir 2021.

Perangkat keras Orion dan SLS yang akan digunakan pada misi Artemis kedua dan ketiga saat ini sedang dirakit.  Ini adalah penerbangan ketiga yang akan melihat manusia mendarat di Bulan untuk pertama kalinya sejak Apollo 17 pada tahun 1972.

Psaki berkata bahwa sampai saat ini hanya 12 manusia telah berjalan di Bulan, dan itu setengah abad yang lalu. Program Artemis, titik jalan ke Mars, memberikan kesempatan untuk menambahkan angka ke sana.

"Eksplorasi bulan memiliki dukungan luas dan bikameral di Kongres." kata Psaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement