Senin 06 Jul 2020 14:37 WIB

Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Berbulu Halus

Galaksi berbulu atau NGC 2775 terletak di konstelasi Gemini

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
NASA dan ESA merilis foto tampilan yang sangat rinci dari galaksi berbentuk spiral yang unik dan disebut sebagai NGC 2775 telihat jelas.
Foto: ESA/Hubble & NASA,
NASA dan ESA merilis foto tampilan yang sangat rinci dari galaksi berbentuk spiral yang unik dan disebut sebagai NGC 2775 telihat jelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Eropa (ESA) bersama dengan Badan Antariksa AS (NASA) merilis sebuah gambar terbaru dari teleskop ruang angkasa Hubble. Dalam gambar tersebut, terlihat foto yang sangat rinci dari galaksi berbentuk spiral yang unik. Galaksi ini disebut sebagai NGC 2775.

ESA menggambarkan galaksi ini sebagai flokulan, yang berarti memiliki penampilan yang berbulu atau halus. Ini merupakan deskripsi yang sangat tepat mengingat lengan yang keluar dari pusatnya terlihat seperti terbuat dari bulu anjing yang dihiasi jutaan bintang biru. Lengan berbulu ini juga menunjukkan bahwa tidak ada banyak cara dalam pembentukan bintang di galaksi ini untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga

Dilansir Mashable, apa yang disebut sebagai ‘lengan’ terbuat dari awan gas yang telah menyebar oleh rotasi galaksi. NGC 2775 memiliki seperti bentik tonjolan galaksi yang sangat lebar di pusatnya dan hampir tidak memiliki formasi bintang.

Dalam kehidupannya di awal, pusat NGC 2775 akan dipenuhi dengan gas yang diubah menjadi bintang-bintang. Dalam gambar yang dirills Hubble, dapat terlihat semuanya telah didorong keluar dan menjauh dari pusat galaksi ini.

Meski begitu, diperkirakan bahwa gugus bintang muda, panas, biru yang dapat dilihat di lengan galaksi dapat memicu formasi bintang dalam gas di sekitarnya. The Sky Live melaporkan NGC 2775 terletak di konstelasi Gemini, yang juga berisi gambar galaksi lebih tua tanpa detail nyata yang terlihat.

Hal itu menunjukkan seberapa kuat kemampuan Hubble yang dianggap sudah menua. Bahkan, ketika pengganti dari teleskop luar angkasa ini bersiap untuk diluncurkan pada Maret 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement