Senin 22 Jul 2019 15:06 WIB

Koin dari Abad Ke-13 Ditemukan di Perperikon

Koin itu dibuat di Thessaloniki berbahan tembaga dan perak.

Rep: Muhammad Tiarso Baharizqi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah koin dari zaman Tsar Ivan Assen II, penguasa Bulgaria dari tahun 1218 hingga 1241.
Foto: sofiaglobe.com
Sebuah koin dari zaman Tsar Ivan Assen II, penguasa Bulgaria dari tahun 1218 hingga 1241.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah koin dari zaman Tsar Ivan Assen II, penguasa Bulgaria dari tahun 1218 hingga 1241, telah ditemukan di situs suci kuno Perperikon. Hal ini disampaikan oleh seorang arkeolog, Profesor Nikolai Ovcharov.

Dilansir dari Sofiaglobe.com, Ahad (22/7), koin berbahan tembaga dan perak itu dibuat di Thessaloniki. Ovcharov menggambarkannya sebagai salah satu temuan yang paling terpelihara. Koin itu menggambarkan Dimitar, santo pelindung di Thessaloniki.

Baca Juga

Pada tahun 2019, sekitar 150 penemuan telah dibuat di Perperikon. Temuan bersama dengan koin Tsar Ivan Assen II termasuk tiga salib perunggu, kunci perunggu dan wadah perhiasan kecil.

Ovcharov mengatakan, koin tersebut bersama dengan koin lainnya yang ditemukan sebelumnya, menunjukkan bahwa pada waktu itu di abad ke-13, Thessaloniki sepenuhnya berada di bawah pengaruh Bulgaria.

Proyek pekerjaan arkeologi ini saat ini sedang berjalan di bagian selatan situs tersebut, di dekat sisa-sisa gereja yang ditemukan di Pegunungan Rhodope. Perperikon, di wilayah Rhodopes timur Bulgaria, sekitar 15 km dari kota Kurdjali, telah menjadi tempat berbagai bentuk kegiatan keagamaan dari sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Situs ini adalah objek wisata yang populer dan menjadi proyek pekerjaan arkeologi jangka panjang yang akan terus mengungkap penemuan baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement