Rabu 28 Dec 2022 06:17 WIB

10 Temuan Mesir Kuno yang Buat Takjub di 2022, Mumi Lidah Emas Hingga Tato Kuno

Banyak temuan menarik terungkap di Mesir selama tahun 2022.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Mumi dengan lidah emas.
Foto: Egyptian antiquities ministry
Mumi dengan lidah emas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2022 menjadi tahun saat para arkeolog mengungkapkan temuan menarik Mesir Kuno. Di antara temuan tersebut adalah makam ratu yang sebelumnya tidak dikenal, kuil elang dengan pesan rahasia, dan terowongan besar di bawah kuil.

Berikut adalah beberapa penemuan paling menakjubkan di situs arkeologi Mesir kuno tahun ini, dilansir Live Science, Selasa (27/12/2022):

Baca Juga

Mumi dengan lidah emas

photo
Lidah emas yang ditemukan dalam mumi Mesir Kuno. - (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)
 

Selama periode Yunani-Romawi, tidak jarang mumi dikubur dengan lidah emas. Orang Mesir kuno percaya bahwa melakukan hal itu akan membantu mengubah almarhum menjadi makhluk ilahi di akhirat. Tim arkeolog menemukan beberapa contoh praktik penguburan khusus ini di situs penggalian di pemakaman kuno dekat Quesna, tepat di utara Kairo.

Bukti orang Mesir Kuno suka bersenang-senang

Temuan ini merupakan bukti bahwa orang Mesir kuno suka bersenang-senang. Saat menjelajahi situs pemakaman di Akhetaten (Amarna modern), sebuah kota di selatan Kairo, para arkeolog menemukan harta karun artefak emas, termasuk kalung dan tiga cincin. Salah satu perhiasan menonjol karena ukiran Bes yang juga dikenal sebagai “Dewa kesenangan.”

Tato persalinan pelindung

Sebelum melahirkan, beberapa wanita Mesir kuno akan mendapatkan tato sebagai bentuk perlindungan saat melahirkan. Arkeolog menemukan enam contoh praktik ini saat mempelajari mumi yang terkubur di Deir el-Medina, sebuah situs arkeologi yang terletak di sepanjang tepi Sungai Nil.

photo
Bukti tato jimat pelindung persalinan yang ditemukan di Mesir Kuno. - (University of Missouri-St. Louis)
 

Menemukan tato kuno jarang terjadi karena kulit perlu diawetkan dan para arkeolog mempraktikkannya untuk tidak membuka mumi. Namun, dalam kasus ini, bagian tubuh yang terekspos, termasuk punggung bawah seorang wanita yang tinta kunonya terdapat garis-garis hitam dan bergambar Bes, dewa yang melindungi wanita saat melahirkan.

Terowongan air yang luas

Para arkeolog menemukan terowongan sepanjang 1.305 meter di bawah sebuah kuil di Taposiris Magna, sebuah kota kuno yang terletak di sebelah barat Alexandria, Mesir. Diperkirakan, terowongan besar itu digunakan untuk mengangkut air ke warga dan merupakan replika persis dari Terowongan Eupalinos di pulau Samos, Yunani, yang dianggap sebagai keajaiban teknik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement