Kamis 31 Jan 2019 12:19 WIB

10 Teknologi Canggih Ponsel Pintar yang Berawal dari Iphone

Iphone merevolusi cara perusahaan mendesain dan membuat ponsel.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Steve Jobs
Foto: Reuters
Steve Jobs

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iphone pertama kali dijual di Amerika Serikat 10 tahun lalu. Sejak saat itu, Iphone merevolusi cara perusahaan mendesain dan membuat ponsel.

Ketika CEO Apple Steve Jobs berbicara di Macworld Conference & Expo pada Januari 2007, ia mengumumkan perusahaan akan merilis Ipod layar lebar dengan kontrol sentuh, Ipod menjadi ponsel generasi baru dan perangkat internet terobosan.

Ternyata dia tidak meluncurkan tiga perangkat, tetapi satu. Seperti yang dilansir di Live Science, berikut adalah beberapa teknologi yang dibuat oleh Iphone dan penerusnya untuk semua smartphone modern.

Layar multi-sentuh

Kontribusi Iphone yang paling jelas adalah menyingkirkan keyboard fisik. Sebelum 2007, ponsel dibagi menjadi dua jenis: ponsel fitur dengan tombol angka atau ponsel pintar seperti Blackberry dengan keyboard Qwerty lengkap. Yang terakhir kadang-kadang datang dengan layar sentuh, tetapi membutuhkan stylus (jarum/pena) untuk beroperasi dan itu tidak cocok untuk mengetik.

Iphone sebagai gantinya menampilkan layar LCD 3,5 inci (9 sentimeter) dengan teknologi multi-sentuh. Ini tidak hanya menghilangkan stylus, tetapi juga mendukung apa yang dikatakan Jobs mengenai perangkat penunjuk utama berupa jari.

Pengguna bisa melakukan fungsi "pintar" seperti cubitan untuk zoom dan interaksi berbasis fisika yang menghadirkan elemen pada layar sebagai objek nyata dengan bobot, ukuran, dan respons intuitif. Lebih penting lagi, itu memungkinkan layar menutupi seluruh permukaan ponsel yang merupakan dasar dari banyak inovasi perangkat lainnya.

Google Maps

Mungkin tampak aneh untuk mendaftarkan Google Maps sebagai inovasi yang dipopulerkan oleh Iphone. Namun, Steve Jobs adalah orang pertama yang membawa kecerdasan pemetaan Google ke perangkat seluler ketika ia meminta Google untuk membangun aplikasi untuk Iphone.

Itu adalah ponsel pintar pertama yang memiliki fitur aplikasi. Meskipun Iphone asli tidak memiliki GPS, ini diperbaiki di versi yang lebih baru, jadi memungkinkan Google untuk menambahkan kemampuan navigasi satelit belokan-demi-belokan yang sekarang menjadi standar ponsel pintar.

photo
Layar Sentuh

App Store

Dengan hanya layar untuk berinteraksi, sudah menjadi keharuan Iphone untuk membuat pengembangan perangkat lunak yang baik. Awalnya, ini datang ke pasukan insinyur Apple, tetapi pada 2008, bertepatan dengan peluncuran Iphone 3G, perusahaan meluncurkan App Store.

Toko aplikasi pihak ketiga memang ada sebelum ini. Pengenalan penawaran Apple mendorong ekonomi aplikasi yang ada saat ini.

Gim mobile sekarang merupakan industri 100 miliar dolar AS dan sebagian besar perusahaan sekarang memiliki aplikasi sendiri. Bahkan ada raksasa multinasional seperti Uber, Snap dan Tinder yang seluruh keberadaannya dapat ditelusuri kembali ke revolusi yang dimulai oleh Iphone.

Pemindai sidik jari

Seperti banyak hal yang dipopulerkan Apple di telepon pintar, perusahaan itu bukan yang pertama menciptakan pemindai sidik jari di perangkatnya. Tetapi dengan diperkenalkannya Touch ID di Iphone 5S, itu mengatasi masalah biaya, ukuran, keandalan dan keamanan yang telah menahan teknologi.

Teknologi inovatif ini juga memberikan keaamanan pada perangkat, seperti menggunakannya untuk membuka kunci ponsel atau melakukan pembayaran. Tidak lama kemudian para pesaing mulai mengikutinya dengan perangkat kelas atas mereka.

photo
Sensor sidik jari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement