Jumat 28 Dec 2018 07:59 WIB

Lima Mitos Bluetooth yang Masih Dipercaya

Teknologi Bluetooth makin membaik daripada awal perkembangannya.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Bluetooth smart/ilustrasi
Foto: Nokia.com
Bluetooth Nokia BH-222

Bluetooth hanya bekerja di ruangan kecil

Apakah Bluetooth ponsel cerdas Anda hanya bekerja dalam jarak pendek? Mungkin iya. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah Bluetooth memiliki tiga kelas. Jarak operasi Bluetooth tergantung pada kelas yang termasuk dalam perangkat.

Pertama, perangkat Bluetooth kelas tiga memiliki jangkauan kurang dari 10 meter, kelas dua memiliki jangkauan sekitar 10 meter, dan kelas satu memiliki jangkauan sekitar 100 meter. Secara umum, Anda hanya akan mendapatkan Bluetooth kelas 1 di perangkat yang memiliki sumber daya sendiri atau memiliki unit daya yang signifikan, seperti komputer desktop atau speaker yang membutuhkan koneksi listrik. Sebagian besar ponsel cerdas dan tablet menggunakan Bluetooth kelas dua atau tiga.

Namun demikian, 10 meter adalah jarak teoritis yang mereka tuju. Tanpa gangguan, seperti dinding, Anda akan menemukan  perangkat lain.

Bluetooth tidak aman

Teknologi Bluetooth tidak pernah memiliki reputasi yang baik terkait keamanan. Tetapi, versi yang lebih baru menyangkal itu. Hal paling utama di antara mitos-mitos ini adalah jika Anda mengatur perangkat agar tidak dapat ditemukan, maka orang lain dengan niat jahat tidak dapat menemukannya dan Anda aman.

Bluetooth Device Address (BDA) mungkin disembunyikan dalam mode yang tidak dapat ditemukan, tetapi peretas juga semakin piawai. Pemindai dan perangkat pelacak masih dapat menemukan BDA Anda dan menyusupinya bahkan ketika mode 'hidden' diaktifkan.

Penyebab terbesar dalam infiltrasi ini adalah kata sandi default yang digunakan pada sebagian besar perangkat Bluetooth: 0000 atau 1234. Karena itu, hampir semua orang dapat terhubung ke perangkat Bluetooth Anda begitu mereka memiliki alamat Anda.

Sistem sederhana dan tidak logis ini adalah penyebab di balik sebagian besar kasus penyadapan dan Bluejacking (menghubungkan ke telepon untuk mengirim spam) pada perangkat Bluetooth. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan sekarang adalah atur pengaturan Bluetooth ponsel Anda dan ubah kata sandi menjadi PIN empat digit yang aman.

Jika Anda benar-benar khawatir tentang serangan malware melalui Bluetooth, matikan koneksi Anda dan bukannya tidak dapat ditemukan. Bluetooth tidak dapat disusupi jika tidak aktif.

Bluetooth mengganggu Wi-Fi

Seperti kebanyakan teknologi nirkabel lainnya, Bluetooth menggunakan frekuensi radio 2,4 GHz untuk mengirim dan menerima data. Itu frekuensi yang sama yang digunakan oleh semua hal, mulai dari jaringan Wi-Fi hingga oven microwave Anda.

Jadi secara alami, pemikiran pertama adalah stabilitas dan kecepatan koneksi Bluetooth Anda tergantung pada apa yang dijalankan perangkat lain di sekitarnya dan apakah mereka menyiarkan data pada frekuensi nirkabel tersebut. Bluetooth menggunakan frekuensi adaptif dan ini telah benar-benar ditingkatkan dengan Bluetooth 5.0.

Frekuensi 2,4 GHz adalah pita yang bergerak dari 2.400 MHz ke 2.483.5 MHz. Bluetooth menggunakan dua saluran, masing-masing memonitor 50 persen. Sinyal dengan cepat melompat dari satu frekuensi bebas ke yang lain sehingga memastikan tidak akan terganggu oleh perangkat lain yang mencoba menggunakan pita itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement