Kamis 27 Apr 2017 13:25 WIB

Dijual, Hard Disk Drive dengan Kapasitas Terbesar di Dunia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Hard Disk Drive dengan Kapasitas Terbesar di Dunia
Foto: Western Digital
Hard Disk Drive dengan Kapasitas Terbesar di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, Western Digital telah mengumumkan penjualan hard disk drive (HDD) dengan kapasitas terbesar di dunia. Perangkat merek Hitachi Global Storage Technologies (HGST) bernama Ultrastar He12 itu berkapasitas 12 terabyte (TB).

Ultrastar He12 adalah hard disk dengan basis helium atau HelioSeal generasi keempat dari HGST. Terapan teknologi perekam data perpendicular magnetic recording (PMR) makin menambah kecanggihan hard disk berukuran 3,5 inchi ini.

 

Perhitungan waktu operasional perangkat yang ditawarkan cukup mengesankan, yakni 2,5 juta jam. Istilah yang disebut mean time between failures (MTBF) itu berarti Ultrastar He12 bakal awet hingga jangka waktu tersebut.

Western Digital mengklaim bahwa Ultrastar He12 adalah hard disk pertama yang dirancang dengan 8-platter design. Itu sebabnya perangkat dapat memiliki kapasitas 20 persen lebih banyak dibandingkan pendahulunya, generasi 7-platter berkapasitas 10 TB.

Laman Techradar melaporkan, perusahaan menyebut penggunaan daya perangkat Ultrastar He12 amat hemat. Bahkan, watt yang digunakan per terabyte saat idling sekitar 54 persen lebih rendah dari HDD berkapasitas 8 TB.

Perlu diketahui bahwa Ultrastar He12 tersedia dengan antarmuka SATA (6 GB per detik) atau SAS (12 GB per detik). Drive dengan kemampuan self-encrypting ini memanfaatkan fitur 'instant secure erase' untuk menghapus data sepenuhnya jika dipindahkan ke lokasi penyimpanan lain.

Kompetitor HGST, perusahaan teknologi Seagate juga dikabarkan bakal menghadirkan hard disk helium berkapasitas 12 TB dengan spesifikasi mumpuni. Namun, belum ada informasi kapan produk Seagate akan dilempar ke pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement