Rabu 30 Dec 2015 06:13 WIB

Topik Sains Paling Hot, Mulai Debat Warna Baju Hingga Tambang Emas dari Kotoran

Rep: arsip republika/antara/ Red: Dwi Murdaningsih
Kepler 452B.
Foto: infobae.com
Tiga ilmuwan dari Irlandia, Jepang dan Cina, William Campbell, Satoshi Omura dan Tu Youyou memenangkan Hadiah Nobel di bidang kedokteran pada Senin (5/10).

Agustus

Di bulan agustus, ilmuwan berhasil menemukan partikel hantu di kutub selatan.

September

Penemuan fosil homo naledi menjadi kabar paling menghebohkan di bulan September. Di bulan yang sama, ilmuwan juga menemukan adanya dugaan adanya air di Mars.

Oktober

Oktober adalah bulan dimana para ilmuwan mendapatkan nobel. Di bidang kedokteran, nobel diberikan kepada tiga ilmuwan William Campbell, Satoshi Omura, dan Tu Youyou. Campbel, yang berasal dari Irlandia, dan Omura dari Jepang. Mereka mendapatkan hadiah karena menemukan obat baru, yaitu "avermectin", yang dapat menolong pasien dari penyakit kebutaan dan "filariasis limfatik". Obat tersebut juga menunjukkan keampuhan dalam melawan sejumlah penyakit parasit lain.

Nobel bidang fisika diberikan kepada Takaaki Kajita dan Arthur B. McDonald. Kedua ilmuwan itu dinilai mampu memberikan terobosan baru dalam ilmu fisika. Mereka telah melakukan penelitian tentang neutron. Padahal, atom ini dinilai tidak memiliki bobot oleh para ilmuwan dunia.

Sementara, tiga ilmuwan memenangkan Hadiah Nobel Kimia 2015 yakni Tomas Lindahl dari Swedia, Paul Modrich dari Amerika dan Aziz Sancar dari AS-Turki. Mereka memenangkan Hadiah Nobel studi mekanisme perbaikan DNA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement