Rabu 30 Dec 2015 06:13 WIB

Topik Sains Paling Hot, Mulai Debat Warna Baju Hingga Tambang Emas dari Kotoran

Rep: arsip republika/antara/ Red: Dwi Murdaningsih
Kepler 452B.
Foto: VOA
Gambar robot Philae memisahkan diri dari laboratorium induk Rosetta turun ke permukaan komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, 2014.

Juni

Satu wahana ruang angkasa Eropa yang tahun lalu mendarat di sebuah komet  tiba-tiba hidup lagi dan mengirimkan sinyal suara ke Bumi. Wahana pendarat komet bernama Philae milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang jatuh mendarat ke Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko dari pesawat ruang angkasa Rosetta November tahun lalu itu mengirimkan pesan selama 85 detik ke Bumi Earth melalui Rosetta pada (13/6) lalu.

Itu adalah sinyal pertama dari Philae dalam tujuh bulan sejak wahana ruang angkasa itu diam membisu pada 15 Novermber tahun lalu setelah melakukan pendaratan bersejarah di komet tersebut. Project manager Philae Stephan Ulamec dari Pusat Antariksa Jerman (DLR). "Pendarat itu siap beroperasi."

Selama mengirim data ke Bumi, Philae memancarkan 300 paket data dan paling aktif sebelum sinyal pertama mencapai Bumi. Philae adalah wahana ruang angkasa berbahan bakar surya dan berukuran setengah mesin cuci yang mendarat di Komet 67P pada 12 November  2014 setelah memisahkan diri dari induknya Rosetta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement