Selasa 27 Oct 2015 06:50 WIB

Dijual Rp 21 Miliar, Inikah Arloji Termahal di Dunia?

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih
Arloji milik astronot AS Dave Scott
Foto:

Penggunaan utama dari pergelangan tangan chronograph pada permukaan Bulan adalah untuk melacak waktu yang telah habis digunakan (oksigen, air dan baterai) di ransel Portable Life Support System (plss). Dalam suratnya Scott menceritakan,  misi mereka pada dasarnya untuk menggandakan kemampuan dan kebutuhan misi sebelumnya, terutama durasi Eextra vehicular activities (EVA) luar modul Lunar.

"Saya bertanggung jawab penuh atas misi dan keselamatan kru saya. Di antara keputusan yang saya buat, pemantauan dan penggunaan waktu adalah mungkin yang paling penting," ujarnya, seperti dikutip Daily Mail.

Waktu adalah esensi selama ekspedisi lunar manusia, dan waktu eksporasi di permukaan dibatasi oleh oksigen dan air (untuk pendinginan) yang dapat dibawa dalam ransel. Untuk itu, pengetahuan tentang waktu yang tepat adalah penting.

"Sebagai cadangan untuk standar yang dikeluarkan Omega chronograph, saya membawa dan menggunakan Bulova chronograph di permukaan bulan," kata Scott.

Surat itu menjelaskan bahwa NASA pasca penerbangan mengumpulkan semua peralatan yang digunakan dalam misi. Namun memberikan Bulova kembali kepada Scott.

"Mudah-mudahan pemilik baru akan berbagi dengan banyak pihak yang berkepentingan," katanya.

Sebelum penjualan, kepala RR Auction menggambarkan mendapatkan arloji ini sebagai kesempatan sekali seumur hidup. Arloji presisi ini, kata dia dibuat untuk pertama kalinya dan adalah spesimen luar biasa. Arloji tersebut penuh dengan aeronautika dan horological, bagian kunci yang melekat atas keberhasilan Apollo 15.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement