Jumat 02 May 2014 20:25 WIB

Alasan Pasar Tablet Dunia Melesu

Rep: mgrol22/ Red: Agung Sasongko
Seorang warga AS sedang mencoba tablet di sebuah toko gadget di New York
Foto: AP
Seorang warga AS sedang mencoba tablet di sebuah toko gadget di New York

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pasar tablet secara global alami penurunan. Ini terjadi, karena konsumen lebih banyak memilih phablet.

Menurut survei lembaga riset IDC seperti dilansir channelnewsasia.com, Jumat (2/5) faktor lain yang membuat pasar tablet melesu adalah pengenalan teknologi hybrid device seperti microsoft surface--yang bertujuan untuk melayani sebagai PC dan tablet-- gagal untuk mendapatkan daya tarik.

"Kehadiran smartphone layar besar yang membuat lemahnya pasar tablet yang terjadi dalam waktu jangka panjang ini," kata seorang analis IDC Tom Mainelli.

Seperti Apple yang menjadi vendor tablet terbesar berhasil menjual 16,4 juta iPad pada kuartal pertama tahun 2014,namun pangsa pasar menurun menjadi 32,5 persen dari 40,2 persen dibanding tahun lalu. Penurunan di alami pula oleh Samsung yang turun dari 32 persen menjadi 31,2 persen.

Hal serupa di alami asus yang merupakan perusahaan asal Taiwan menduduki peringkat tiga dengan perolehan pangsa 5 persen, serta Lenovo perusahaan asal Cina berada di urutan ke empat yang memperoleh 4,1 persen, tambah IDC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement