Ahad 10 Sep 2023 18:13 WIB

Bingung Belikan Laptop atau Tablet untuk Anak, Mana Lebih Baik?

Tablet dapat menjadi pilihan tepat untuk menghibur anak-anak saat bepergian.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tablet atau laptop untuk anak adalah apa  tujuan anak menggunakan perangkat tersebut./ilustrasi
Foto: Huawei
Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tablet atau laptop untuk anak adalah apa tujuan anak menggunakan perangkat tersebut./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meskipun para orang tua tidak ingin anaknya menjadi terlalu bergantung pada teknologi, konsumsi teknologi dalam jumlah sedang juga dapat bermanfaat. Untuk menunjang hal tersebut, para orang tua kerap kebingungan hendak membelikan laptop atau tablet.

Baik laptop ataupun tablet bisa menjadi alat yang bagus untuk memperoleh keterampilan baru, menyelesaikan pekerjaan rumah, belajar tentang dunia, atau sekadar untuk hiburan. Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah untuk apa anak menggunakan perangkat tersebut.

Baca Juga

Penggunaannya akan sangat bergantung pada usia anak. Mari lihat penggunaan tablet yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibanding laptop, tablet lebih mudah dibawa-bawa di dalam tas. Oleh karena itu, tablet dapat menjadi pilihan tepat untuk menghibur anak-anak saat bepergian. 

Saat bepergian bersama anak-anak, tablet bisa menjadi penyelamat. Tablet juga bagus untuk anak kecil karena tidak ada keyboard. Perangkat layar sentuh umumnya lebih mudah digunakan oleh anak kecil dibandingkan dengan laptop.

Dilansir dari laman Big Family Little Advantures, Ahad (10/9/2023), ada beberapa tablet di luar sana yang ditujukan khusus untuk anak-anak. Anak-anak dapat menggunakannya untuk mengambil foto atau membuat karya seni. Saat anak bertambah besar, mereka mungkin lebih senang dengan sesuatu seperti Ipad mini. Aplikasi tidak hanya untuk bersenang-senang, ada banyak permainan edukatif yang dapat membuat anak menjadi yang terbaik di kelasnya.

Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka mungkin mulai mengerjakan pekerjaan rumah. Jika menyangkut tugas sekolah, laptop bisa lebih berguna daripada tablet. Kemungkinan besar, anak akan memerlukan fitur keyboard untuk mengetik tugas atau melakukan penelitian.

Macbook sering kali menjadi pilihan utama karena kinerja terbaiknya dan beragam fitur unggulan. Laptop biasanya sedikit lebih sulit digunakan dibandingkan tablet, tetapi anak-anak mungkin akan memahaminya lebih cepat daripada orang tuanya.

Ada banyak tutorial dan tips online untuk membantu seseorang menemukan semua hal bagus yang dapat dilakukan Macbook. Kamera laptop umumnya tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan kamera yang ditemukan di tablet. Jika anak memprioritaskan pengambilan foto, mereka mungkin memerlukan perangkat lain untuk melakukannya.

Penting untuk diingat bahwa anak-anak memerlukan istirahat teratur dari penggunaan laptop dan tablet. Penggunaan berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada mata, sulit tidur, dan rangsangan berlebihan.

Pastikan para orang tua melindungi perangkat tersebut dari anak-anak, untuk memastikan anak-anak tetap aman saat berinternet. Sebagian besar penyedia dan perangkat Internet memudahkan untuk melakukan hal ini, namun tetap saja kewaspadaan adalah yang terbaik.

Jadi, saat anak masih kecil, tablet kecil sudah cukup. Seiring bertambahnya usia dan diharuskan menyelesaikan tugas sekolah, mereka akan lebih cocok menggunakan laptop.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement